Tim Relawan Balon Walikota Gunungsitoli Dibentuk

GUNUNGSITOLI, NBC —  Tim relawan untuk bakal calon Wali Kota Gunungsitoli Ilham Mendrofa dibentuk. Tim yang diberi nama ‘Laskar Pelangi’ ini dibentuk oleh sejumlah pemuda Muslim Kota Gunungsitoli di Hotel Mega Nasional, Jalan Pelud Binaka, Desa ononamolo I Lot, Kota Gunungsitoli, Minggu (31/5/2015).

Pada pertemuan singkat yang dimulai pukul 12.30 itu, Ilham menjelaskan tujuan keikutsertaaannya sebagai balon Wali Kota Gunungsitoli yang digelar 9 Desember 2015. “Dalam undang-undang, seluruh warga negara Indonesia berhak dan boleh maju sebagai kontestan demokrasi. Selain itu, saya juga merasa terpanggil kembali ke masyarakat, atau kembali ke akar saya berasal,” tutur Ilham.

Ilham mengaku keikutsertaannya dalam Pilkada bukan mewakili kaum pemuda Muslim, akan tetapi sebagai anak yang tumbuh dalam budaya dan komunitas Islam, ia berharap bisa lebih dekat dan membawa aspirasi kalangan Muslim. Namun demikian, Ilham menegaskan bahwa ia juga tetapi melakukan konsolidasi dan interaksi dengan umat Nasrani, Budha, Katolik dan Hindu.  Karena menurutnya nilai harmonilah yang menjadi dasar komunitas di Kota Gunungsitoli.

“Soal konsolidasi, saya menganggap hal itu tidak hanya dilakukan pada saat Pilkada, atau konsolidasi umat tidak ada hubungannya dengan Pilkada. Konsolidasi umat dilakukan setiap hari dan setiap saat. Dalam pandangan saya ketentuan atau rukun yang dijalani umat Muslim setiap sholat berjamaah juga bagian dari konsolidasi,” ujarnya.

Dari informasi yang didapatkan, dukungan untuk Ilham tidak hanya berasal dari pemuda Muslim Kota Gunungsitoli, tetapi juga berasal dari tokoh muslim di Kota Gunungsitoli. Dukungan itu diberikan oleh tokoh-tokoh muslim pada beberapa pertemuan yang diselenggarakan untuk Ilham Mendrofa di Kota Gunungsitoli.

Untuk diketahui, berdasarkan data dinas kependudukan Kota Gunungsitoli, dari 151 ribu warga Kota Gunungsitoli, jumlah pemilih hingga Desember 2015 adalah 100.395 jiwa. Pemilih tersebut berasal dari Kecamatan Gunungsitoli sebanyak 45.601 jiwa, Kecamatan Gunungsitoli Selatan sebanyak 11.067 jiwa, Gunungsitoli Utara sebanyak 13.701 jiwa, Gunungsitoli Idanoisebanyak 18.021 jiwa, Gunungsitoli Alo’oa sebanyak 5.680 jiwa dan Gunungsitoli Barat sebanyak 6.326 jiwa. Jumlah penduduka Muslim di Kota Gunungsitoli diperkirakan sebanyak 17.000 jiwa. [WAN]

Related posts