Peruati Tanö Niha Gelar Seminar soal Perempuan Nias

Seminar Peruati Tano Niha tentang Perempuan Nias di gedung gereja BNKP Deninger, Selasa (9/6/2015). Foto : Irwanto Hulu

Seminar Peruati Tano Niha tentang Perempuan Nias di gedung gereja BNKP Deninger, Selasa (9/6/2015). Foto : Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Persekutuan Perempuan Berpendidikan Teologi di Indonesia (Peruati) Tanö Niha menggelar seminar tentang persoalan-persoalan yang dihadapi perempuan Nias. Seminar tersebut menghadirkan Pdt. Dr. Tuhoni Telaumbanua, Pdt. Septeni Lakawa, B.Sc dan Pdt.Dr.Tin sebagai narasumber yang digelar di gedung gereja BNKP Denninger, Jalan Diponegoro, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Selasa (9/6/2015) mulai pukul 08.00 – 16.00.

Ketua Peruati Tano Niha, Pdt. Dorkas Orienti Daeli, yang juga Sekretaris Umum (Sekum) Sinode BNKP, kepada NBC menuturkan bahwa tujuan seminar ini agar perempuan Nias bisa lebih mengenali dirinya dan bisa fokus terhadap kemajuan perempuan baik dalam berpikir ataupun bertindak.

“Seminar hari ini sebenarnya adalah rapat perdana Peruati Tano Niha yang telah terbentuk sejak 17 November 2014 yang lalu. Sebagai tahap perkenalan atau sosialisasi, kami pengurus berpikir lebih baik melakukan seminar,” kata Pdt. Dorkas.

Seminar yang diikuti oleh perempuanbaik pendeta dan guru agama Kristen itu dibagi dalam beberapa tema. Tema “Perempuan dan Budaya Nias” dipaparkan oleh Pdt.Tuhoni Telaumbanua, tema “Membaca Alkitab Dari Mata Baru” disampaikan oleh Pdt.Septeni Lakaw, sementara tema “Kepemimpinan Perempuan Kristen” oleh Pdt. Tin.

Pdt. Dorkas memberitahu bahwa pembentukan Peruati Tanö Niha berawal dari persoalan yang dihadapi perempuan Nias, sehingga Peruti Tano Niha dibentuk menjadi wadah bagi perempuan Nias untuk bercerita dan berbagi, serta membantu mengubah paradigma perempuan Nias di dalam adat.

Pantauan NBC, pelaksanaan seminar tersebut  diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta. Banyak dari peserta yang  bertutur sekaligus bertanya terkait persoalan-persoalan perempuan Nias kepada narasumber, sehingga waktu seminar yang dijadwalkan sebelumnya selesai pukul 16.00 wib, baru selesai pada pukul 17.00. [WAN]

Related posts

Top