Pelamar Bidan PTT di Kota Gunungsitoli 134 Orang

Kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli, Bulan Simanungkalit, Senin (8/6/2015). Foto : Irwanto Hulu

Kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli, Bulan Simanungkalit, Senin (8/6/2015). Foto : Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Penerimaan bidan PTT di Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli hingga penutupan pendaftaran, Selasa (9/6/2015), berjumlah 134 orang. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Bulan Simanungkalit yang dihubungi NBC melalui telepon seluler, Rabu (10/6/2015), jumlah tersebut masih sangat sedikit. Perpanjangan jadwal pendaftaran pun telah dilakukan.

Bulan menjelaskan bahwa minimnya peserta bukan karena tidak banyak yang berminat, tetapi salah satu persyaratan yang harus dilengkapi para pelamar sangat sulit didapatkan. Sehingga, sebagian besar bidan di Kota Gunungsitoli tidak bisa memenuhi persyaratan tersebut.

“Kita akui jumlah yang mendaftar sedikit karena salah satu syarat yang kita tentukan dalam pendaftaran untuk melampirkan surat tanda registrasi (STR) sangat sulit didapat. Surat tersebut harus diurus di pusat sesuai peraturan Kemeterian Kesehatan,” tutur Kadis Kesehatan melalui telepon seluler.

Menurut Kadis Kesehatan, STR adalah syarat bagi bidan untuk mendapat surat izin praktek, sehingga bidan yang tidak memiliki STR dan surat izin praktek, tidak dapat melakukan praktek dan menangani pasien secara undang undang.

Disinggung tentang pengunduran jadwal pendaftaran, Kadis Kesehatan memberitahu, sebelumnya panitia telah menetapkan jadwal pendaftaran tanggal 18 Mei – 30 Mei 2015. Namun, karena sesuatu hal, jadwal diundur beberapa hari dan penutupan pendaftaran ditetapkan, Selasa (9/6/2015).

Seleksi administrasi dilakukan hari ini dan pengumuman seleksi administrasi besok, Kamis (11/6/2015). Sedangkan ujian tertulis digelar, Jumat (12/6/2015), ujian praktek dan wawancara tanggal 15 – 16 Juni 2015 dan pengumuman dilakukan pada tanggal 18 Juni 2015.

Pada berita NBC sebelumnya, Bidan PTT yang diterima harus siap menandatangani Pakta Integritas, dan siap ditempatkan dimana saja di seluruh desa yang ada di Kota Gunungsitoli. Tujuan perekrutan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Gunungsitoli, khususnya untuk ibu hamil, bersalin dan nifas (melahirkan) serta untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kota Gunungsitoli.

Syarat syarat yang harus dipenuhi para pelamar, berwarga negara Indonesia, tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.

Tidak berkedudukan sebagai calon pegawai negeri sipil, mempunyai pendidikan sesuai dengan yang dipersyaratkan, bersedia ditempatkan di Desa yang ada di Kota Gunungsitoli, sesuai kriteria penugasan selama tiga tahun, sebagaimana ditetapkan dalam keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang pengangkatan Bidan sebagai pegawai tidak tetap (PTT).

Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri memakai tinta warna hitam diatas kertas HVS ukuran F4, bermaterai 6000, rangkap 2 (asli + fotokopi dengan tandatangan basah), ditujukan kepada Menteri Kesehatan.

Surat lamaran beserta lampiran disusun menjadi dua berkas(Asli + Fotocopy), kemudian dimasukkan ke dalam satu map, dan disusun sesuai dengan urutan :

a. Daftar isian Biodata pelamar sebagai Bidan PTT tahun 2015 (dibuat sesuai dengan contoh), masing masing satu lembar untuk tiap berkas.
b. Surat Lamaran (Asli + Fotocopy dengan tanda tangan basah)
c. Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai pendidikan Bidan yang telah disahkan/dilegalisir oleh pejabat
yang berwenang, masing masing 1 lembar untuk tiap berkas. Pelamar wajib menunjukkan ijazah
dan transkrip nilai asli pada saat penyerahan berkas lamaran.
d. Surat Izin Bidan (SIB)/ Surat Tanda Registrasi Bidan (STRB)
e. Surat pernyataan yang menerangkan bahwa :
1. Tidak terikat kontrak kerja dengan instansi pemerintah maupun swasta
2. Tidak mengikuti pendidikan formal (melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi) selama
bertugas sebagai Bidan PTT.
3. Bersedia bertugas di desa penugasan sesuai kriteria, dan lama penugasan sebagaimana
ditetapkan dalam keputusan Menteri Kesehatan tentang pengangkatan Bidan sebagai PTT.
4. Bersedia tidak pindah selama masa penugasan tiga tahun
5. Dalam keadaan sehat, dan bersedia tidak hamil pada tahun pertama penugasan.
f. Daftar riwayat hidup (anak lampiran I – c keputusan BKN no 11 tahun 2002).
g. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.
h. Pasfoto warna ukuran 4 x 6 Cm sebanyak 5 lembar dengan latar merah (pakaian uniform Bidan)
dan Pada penyerahan berkas, para pelamar harus membawa Map biasa warna hijau sebnayak 2
buah. [WAN]

Related posts