Kepala Sekolah Mesti Mampu Menyusun Program Pembelajaran

NIAS BARAT, NBC – Kepala sekolah dan wakil kepala sekolah di Nias Barat diharapkan mampu merencanakan, dan menyusun program dan metode pembelajaran sekolah dengan baik dan cermat. Penyusunan program dan metode pembelajaran sangat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.

Bupati Nias Barat Andrianus Aroziduhu Gulö mengungkapkan hal ini dalam sambutannya pada pelatihan fungsional bagi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah tingkat SMA/sederajat di Kabupaten Nias Barat. Diklat tersebut diselenggarakan oleh Badan Kepengawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Nias Barat bekerja sama dengan Badan Kepengawaian Provinsi Sumatera Utara selama delapan hari mulai 9-17 Juni 2015, bertempat di gedung Gereja ONKP Simae’asi.

“Idealnya seorang kepala sekolah ataupun wakil kepala sekolah harus mampu merencanakan atau membuat program dan metode pembelajaran dengan baik. Karena itu, melalui diklat ini para pengajar diharapkan bisa benar-benar mempersiapkan diri dalam menyampaikan semua meteri dengan baik sehingga ketika selesai diklat ini para peserta diklat telah memiliki modal yang cukup dan memadai dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai kepala dan wakil kepala sekolah,” ujarnya.

Dikatakan Aroziduhu, penyelenggaraan diklat ini bertujuan untuk membentuk sosok pemimpin yang berkualitas dan profesional dalam melaksanakan tugas, dan bertanggung jawab dengan lingkungan kerja serta organisasinya. “Karena itu, saya berharap bahwa diklat kepala sekolah dan wakil kepala sekolah ini adalah kesempatan belajar mengubah diri menjadi semakin berkualitas, memiliki dedikasi tinggi dalam memberikan pelayanan yang baik bagi anak didik,” ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Nias Barat, Mareti Waruwu, mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan fungsional bagi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMA dan SMK tahun 2015 ini untuk membina karakter sumber daya manusia agar lebih baik dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pimpinan sekolah.

Pembinaan dan pelatihan kepala dan wakil kepala SMA dan SMK ini tidak terlepas dari keterlibatan berbagai pihak, dikatakan Mareti, “Pembinaan dan pelatihan ini diselenggarakan atas dukungan dan kerjasama Badan Kepengawaian Provinsi Sumatera Utara, dalam hal ini sebagai penyedia bahan diklat sekaligus narasumber. Kemudian para kepala SKPD/Kantor dilingkup Kabupaten Nias Barat sebagai pembanding utama,” ujarnya. [AMI]

Related posts