DANA PILKADA

Rp 9 Miliar Dana Pilkada Nias Selatan Tahap Pertama Dicairkan

 

Ruadat Harita | Foto: NBC/ Seiman Lase

Ruadat Harita | Foto: NBC/ Seiman Lase

TELUKDALAM, NBC — Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mulai mencairkan dana pemilihan kepala daerah melalui rekening Komisi Pemilihan Umum yang bersumber dari APBD tahun 2015. Pencairan dana Pilkada dilakukan secara bertahap sesuai dengan nota kesepahaman yang ditandatanggani Pemkab Nias Selatan dan KPU. Untuk tahap pertama ini telah ditransfer sebesar lebih kurang Rp 9 miliar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPK2D) Kabupaten Nias Selatan Ruadat Harita saat ditemui NBC diruang kerjanya jalan saonigeho Km.1, Telukdalam, Senin (8/6/2015)

“Dana pemilihan kepala daerah sudah ditransfer ke rekening Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan pada 3 Juni 2015. Untuk pencairannya dilakukan secara bertahap sesuai dengan nota kesepakatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dengan KPU dan untuk tahap pertama ini sebesar lebih kurang Rp 9 miliar,” ujar Ruadat.

Dijelaskan Ruadat, sesuai dengan nota kesepakan tidak ditentukan berapa besaran dana yang dicairkan pada masing-masing tahap, yang pasti penggunaan dana Pilkada akan disesuaikan dengan kebutuhan dari pada penyelenggara. “Dalam NPHD yang ditandatanggani tidak dijelaskan berapa tahap pencairan dana tersebut dan yang penting untuk pencairan dana tersebut akan disesuaikan dengan permintaan KPU Nias Selatan. Selain itu untuk pencairannya ditentukan oleh KPU,” ungkapnya.

Selain itu, Ruadat mengatakan bahwa selain dana KPU yang ditransfer juga ada dana Panwaslu Pilkada Nias Selatan sudah ditransfer sebesar Rp 1,3 miliar. “Dari dana pilkada yang telah dianggarkan pemkab, untuk dana KPU Nias Selatan sebesar Rp 35 miliar sedangkan dana untuk Panwas sebesar Rp 10 miliar, jadi totalnya Rp 46 miliar,” jelas Ruadat. [HER]

Related posts