BKD Nias Selatan Imbau CPNS Berijazah Palsu Mengundurkan Diri

TELUKDALAM, NBC — Menyikapi isu penggunaan ijazah palsu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Selatan mengimbau para calon pegawai negeri sipil kategori II membuat surat pernyataan yang menjamin ijazah yang bersangkutan legal. BKD juga menyarankan CPNS yang berijazah palsu segera mengundurkan diri.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Siado Zai, saat ditemui NBC di ruang kerjanya, Jalan Saonigeho Km 5.5, Kecamatan Fanayama, Selasa (2/6/2015).

Siado menyampaikan bahwa himbauan pembuatan surat pernyataan bermaterai dilakukan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang ditimbulkan karena menggunakan ijazah palsu ke depannya. Namun demikian, Siado mengatakan hingga saat ini pihaknya masih belum menemukan oknum yang menggunakan ijazah palsu.

“Untuk menyatakan keabsahan ijazah para CPNS kategori II yang telah menerima SK, setiap CPNS wajib membuat surat pernyataan di atas materai dan ditandatangani oleh yang bersangkutan. Surat pernyataan tersebut berisi  pertanggungjawaban atas ijazah yang dimilikinya,” ungkap Siado.

Siado mengimbau bagi CPNS kategori II yang menggunakan ijazah palsu segera mengundurkan diri sebelum bermasalah dengan hukum. “Yah daripada nantinya bermasalah dengan hukum, kami lebih dulu mengimbau kepada para CPNS kategori II yang ijazahnya ilegal lebih baik mengundurkan diri saja,” imbau Siado.

Siado berharap, semua pihak seperti pers, LSM dan masyarakat untuk membantu kinerja BKD dalam menelusuri ijazah palsu yang digunakan oleh oknum-oknum CPNS dan PNS untuk segera dilaporkan agar dapat diproses sesuai aturan yang berlaku. [HER]

Related posts