HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Wali Kota: Kebangkitan Nasional Bukan Sekadar Pengembangan Wacana

IMG_0839

Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase memberikan arahan pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di halaman Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (20/5/2015). | Foto: NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun ini mengambil tema “Melalui Harkitnas, Kita Bangkitkan Semangat Kerja Keras Mewujudkan Indonesia Maju dan Sejahtera”. Tema tersebut mengandung makna, Kebangkitan Nasional sekarang ini lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata, dengan bekerja lebih keras dan bukan sekadar pengembangan wacana.

Hal itu disampaikan Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase ketika memberikan arahan pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-107, yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (20/5/2015). Setiap 20 Mei, bangsa Indonesia memperingati Harkitnas.

Menurut Wali Kota, tuntutan untuk terus maju dan mewujudkan Indonesia sebagai negara sejahtera telah menjadi pemicu pentingnya merealisasikan semangat Kebangkitan Nasional dengan bekerja keras, cerdas, dan produktif.

Pembangunan Mental dan Karakter Bangsa

Harkitnas merupakan momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia serta bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi modern yang sebelumnya tidak pernah muncul saat penjajahan. Melalui peringatan Harkitnas, Martinus mengajak seluruh warga Kota Gunungsitoli untuk mengenang kembali semangat perjuangan bapak pendiri bangsa ini untuk diambil sebagai teladan.

“Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan dokter Sutomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual lewat pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antarelemen bangsa. Proses panjang perjuangan mereka yang dilanjutkan para pejuang lain telah menghasilkan lahirnya bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita kenal sekarang ini,” tutur Wali Kota.

Sesuai visi misi Presiden dan Wakil Presiden saat ini, pembangunan mental dan karakter bangsa menjadi salah satu prioritas utama program pembangunan Pemerintah Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan semangat dan jiwa Kebangkitan Nasional.

Dari pantauan NBC, pada peringatan Harkitnas hadir Wakil Wali Kota Aroni Zendrato, Sekda Kota Gunungsitoli Edison Ziliwu, Wakil Kapolres Nias Kompol Faduhusi Zendrato, Dandim 0213/Nias, dan semua kepala SKPD Kota Gunungsitoli.

Seusai upacara, Wali Kota bersama semua unsur muspida berkunjung ke Makam Pahlawan di Jalan Makam Pahlawan, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli. [WAN]

Related posts