KINERJA PNS

Santai di Kantin pada Jam Kerja, Kadis Kesehatan: Ini Hanya Selingan

Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara Beritani Gea disaat jam kerja tengah berada di kantin sekitar kantor Dinas Kesehatn Nias Utara di Lotu, Selasa (19/5/2015) sekitar pukul 10.45 WIB. Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara Beritani Gea pada saat jam kerja tengah berada di kantin sekitar kantor Dinas Kesehatn Nias Utara di Lotu, Selasa (19/5/2015) pukul 10.45. | Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

LOTU, NBC – Ditemui sedang santai di sebuah kantin pada saat jam kerja, Selasa (19/5/2015) sekitar pukul 10.30, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara Beritani Gea mengatakan keberadaannya di kantin pada jam kerja saat itu hanya sebagai selingan saja. Ia meminta foto dirinya saat meminum bir tidak dipublikasikan.

“Maaf, ini hanya selingan saja. Mohon foto saya tidak dipublikasikan,” ujar Beritani kepada NBC.

Pantauan NBC, Beritani bersama dua anggota staf Dinas Kesehatan terlihat duduk-duduk santai lengkap dengan seragam dinas pada Selasa pagi, pada jam kerja, sambil menikmati minuman jenis bir. Saat NBC menghampiri, Beritani lagi memegang botol yang berisi bir dan tengah menuangkan di gelas. Seketika dia langsung minum. Di atas meja tampak botol bir kosong sebanyak 4 buah.

Melihat kehadiran NBC, Beritani pindah meja, sedangkan pegawai lainnya meminta pemilik kantin mengangkat semua botol yang ada di atas meja dan menggantikannya dengan teh manis. Pemilik kantin mengiyakan saat NBC mengonfirmasi bahwa keempat botol yang baru saja diangkatnya adalah botol bekas minuman Beritani dan teman-temannya.

Informasi yang diterima NBC dari salah seorang pegawai Dinas Kesehatan Nias Utara, yang meminta namanya dirahasiakan, diketahui, perbuatan Beritani untuk santai dan duduk-duduk di kantin itu pada jam kerja tidak terjadi hari itu saja, tetapi berlangsung hampir setiap hari. “Bapak baru tahu, ya. Mereka itu hampir setiap hari minum alkohol di kantin itu,” ujarnya.

Beritani membantah jika ia setiap hari datang ke warung itu. “Kebetulan lagi santai saja hari ini makanya datang ke kantin,” ujarnya kepada NBC.

Seorang warga Nias Utara, yang juga meminta namanya tidak ditulis, meminta kepada Bupati Nias Utara Edward Zega untuk menertibkan setiap pegawai yang tidak berada di kantor pada jam kerja. “Bupati Edward Zega harus tegas dan segera menertibkan para pegawai yang masih nongkrong di warung pada jam kerja, termasuk apa yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan dan beberapa anggota stafnya. Kami berharap pegawai yang bolos diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya, Selasa.

Hingga berita ini ditayangkan, NBC masih belum meminta tanggapan dari Bupati Nias Utara tentang keberadaan para PNS yang masih berkeliaran di luar kantor pada saat jam kerja. [NDH]

Related posts