Penyidikan Mandek, Pelapor Penyerobotan Tanah Kecewa kepada Polisi

GUNUNGSITOLI, NBC — Kasus penyerobotan tanah yang dilaporkan oleh Wasnidar Hulu alias Ina Ningsih (47), warga Desa Onozitoli Sifaoroasi, Kecamatan Gunungsitoli kepada Polisi hingga kini belum menuai hasil. Wasnidar mengaku kecewa atas kinerja penyidik unit IV Satuan Reserse Kriminal Polres Nias. Laporan tersebut telah dilaporkan sejak Februari 2015.

Menurut Wasnidar, tanah miliknya di Desa Onozitoli Sifaoroasi telah diserobot oleh tetangganya, dan di atas tanahnya tersebut, kini telah berdiri bangunan permanen milik tetangganya Martinus Waruwu alias Tinu. Akibat tanahnya diserobot, Wasnidar mengklaim jika dia mengalami kerugian Rp 7 juta.

” Saya sebelumnya sudah mengingatkan tetangga saya waktu dia bangun rumah, jika dia telah mengambil sebagian tanah milik saya, tetapi dia tidak menggubris. Hal tersebut juga kembali dibuktikan ketika BPN dan penyidik unit IV melakukan pengukuran tapak rumah milik Martinus Waruwu atas laporan Herman Effendi Telaumbanua yang tanahnya juga diduga diserobot Martinus Waruwu,” terang Wasnidar di kediamannya, Jumat (15/5/2015).

Karena tak kunjung ada titik temu dan ganti rugi dari Martinus Waruwu setelah terbukti tanah miliknya diserobot, Wasnidar kemudian melaporkan kasus penyerobotan tanahnya tersebut ke Mapolres Nias pada tanggal 4 Februari 2015 dengan nomor : STPLP/38/II/2015/NS.

“Sampai sekarang, laporan saya itu tidak ditindaklanjuti, dan setiap ditanya, penyidik Ipda. Sonifati Zalukhu beralasan jika juru periksa (Juper) Bripka. E. Sidauruk sedang sekolah ke luar daerah,” tuturnya.

Menurut Wasnidar, sejak melaporkan kasus penyerobotan tanahnya, dia hanya sekali menerima surat pemberitahuan perkembangan hasil penelitian laporan dari penyidik yakni pada 10 Februari 2015. Dia tidak pernah lagi menerima pemberitahuan terkait tindak lanjut laporannya dari penyidik, hingga dia kembali menanyakan tindak lanjut laporannya dua hari yang lalu.

“Saya sungguh kecewa atas kinerja penyidik unit IV Sat Reskrim Polres Nias yang menangani kasus saya, dan berharap Kapolres Nias mengevaluasi kinerja mereka. Saya berharap kasus saya ini dapat selesai, karena selama ini, tetangga saya tersebut sering cari gara gara dan menyindir jika laporan kami sudah didiamkan dan tidak akan lanjut,” tutur Wasnidar.

Kepala Unit IV Sat Reskrim Polres Nias Ipda. Sonifati Zalukhu yang dihubungi NBC melalui telepon seluler, Jumat (15/5/2015), membenarkan jika anggotanya sedang menangani kasus penyerobotan tanah milik Wasnidar Hulu alias Ina Ningsih. Menurut dia, kasus tersebut masih dalam penyelidikan dan keterangan tim ahli dari BPN sudah diambil.

“Kasusnya sedang dalam penyelidikan dan tetap kita tindak lanjuti, dan kita sudah mengambil keterangan dari BPN hari Rabu yang lalu. Mungkin minggu depan kita akan melakukan gelar perkara terkait kasus tersebut,” kilah Ipda. Sonifati zalukhu kepada NBC.

Hingga berita ini di tayangkan, pihak terlapor Martinus Waruwu belum bisa ditemui, setiap ditemui di kantornya, Martinus Waruwu menurut rekan kerjanya sedang tidak berada di tempat. [WAN]

Related posts