Pemilihan Duta Wisata Kota Gunungsitoli Tahun 2015 Dibuka

Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kota Gunungsitoli, Selasa (5/5/2015) | Foto : NBC/Irwanto Hulu

Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kota Gunungsitoli, Selasa (5/5/2015) | Foto : NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli menggelar acara pemilihan Duta Wisata Kota Gunungsitoli tahun 2015 mulai tanggal 20 April sampai 30 Mei 2015. Duta wisata yang akan terpilih akan dinobatkan sebagai Sila’i (putra) dan Sibolowua (putri) Kota Gunungsitoli dan akan menjadi wakil daerah pada kegiatan-kegiatan yang diadakan di Kota Gunungsitoli maupun di luar daerah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pariwisata Kota Gunungsitoli Masi Nias Zebua yang ditemui NBC di Kantor Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli, Jalan Kartini II, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Selasa (5/5/2015).

Menurut Masi Niat, pemilihan duta wisata Kota Gunungsitoli tahun ini berbeda dengan tahun lalu, dimana untuk tahun ini, yang akan dipilih menjadi duta wisata ada dua orang, yakni duta wisata laki laki dan perempuan yang keduanya dinobatkan sebagai Sila’i (putra) dan Sibolowua (putri) Kota Gunungsitoli.

Pendaftaran peserta Duta Wisata Kota Gunungsitoli tahun 2015 dibuka mulai 20 April hingga 17 Mei 2015. Pendaftaran dan pengambilan formulir, dilakukan di Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kota Gunungsitoli, di Jalan Kartini II, Kelurahan Pasar Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli dan tidak dipungut biaya.

Usai mendaftar, para peserta akan mengikuti audisi pada tanggal 19 Mei – 20 Mei 2015 dan pembekalan tanggal 21 Mei – 27 Mei 2015, di kantor RRI Cabang Gunungsitoli, yang terletak di Desa Iraono Geba, Kota Gunungsitoli. Sedangkan penyisihan digelar di komplek eks TPI Gunungsitoli, Jalan Lagundri, Kelurahan Pasar Kota Gunungsitoli tanggal 28 Mei – 29 Mei 2015, dan Grand Final/ Penobatan digelar di tempat yang sama pada tanggal 30 Mei 2015.

Menurut data yang diberikan Kabid Pariwisata Kota Gunungsitoli, peserta yang mendaftar harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a. Putra/Putri Kota Gunungsitoli berusia 17 – 25 tahun (terhitung bulan April 2015), memiliki KTP Kota
Gunungsitoli atau kartu mahasiswa yang berlokasi di Kota Gunungsitoli
b. Tinggi badan untuk calon pemilihan Duta Wisata Putra (Sila’i), minimal 170 cm, dan untuk Putri (Siboluwua) minimal 160 cm.
c. Pendidikan terakhir minimal SMA/sederajat, bebas narkoba, berkelakuan baik, berpenampilan menarik dan berwawasan luas.
d. Menyerahkan Pasfoto 4X6 bewarna sebanyak 2 lembar dengan latar bewarna biru.
e. Menyerahkan foto close up dan seluruh badan, bewarna dan berukuran post card, masing masing sebanyak 1 lembar.
f. Untuk pelajar SMA/SMK/MA sederajat, menyersurat rekomendasi dari sekolah.
g. Belum pernah menikah, dan tidak akan menikah selama 1 tahun dalam menjalankan tugas sebagai Duta Wisata Putra/Putri Kota
Gunungsitoli.
h. Bertempat tinggal di Kota Gunungsitoli selama 1 tahun, dalam menjalankan tugas sebagai Duta Wisata.
i. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Nias, Indonesia dan Asing (Inggris).
j. Memiliki pengetahuan tentang wisata dan budaya Kota Gunungsitoli.
k. Tidak menjalankan tugas sebagai Duta Wisata (ajang serupa) di tempat lain, terhitung tahun 2014.

Kabid Pariwisata menambahkan, jika ada hal hal yang kurang dimengerti tentang persyaratan yang telah mereka tentukan, warga Kota Gunungsitoli yang berniat untuk mengikuti ajang pemilihan Duta Wisata Kota Gunungsitolitahun 2015, dapat menghubungi Dina B (081375079636) atau mendatangi kantor sekretariat di Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kota Gunungsitoli. [WAN]

Related posts