KUNJUNGAN KERJA

Pemda Diminta Peduli dan Jamin Hak Warga Terpenuhi

Usai penyematan baju adat Nias oleh Bupati Nias Sőkhiatulő Laoli kepada Kakanwil Provinsi Sumatera Utara Ajub Suratman. Foto NBC.

Seusai memakaikan baju adat Nias kepada Kepala Kantor Wilayah Kementeriah Hukum dan HAM Ajub Suratman sebagai penghormatan, Bupati Nias Sökhi’atulö Laoli berpose sambil salam komando, Senin (18/5/2015). | Foto NBC/Nitema Mendröfa

ONONAMÖLÖ, NBC – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sumatera Utara Ajub Suratman berjanji akan memfasilitasi pendirian kantor imigrasi di Kabupaten Nias. Pemkab Nias diminta peduli serta menjamin setiap hak-hak asasi masyarakat terpenuhi.

Ajub Suratman mengatakan, Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Sumatera Utara akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Nias untuk memberikan pelayanan dan perlindungan hukum kepada masyarakat.

“Untuk pendirian kantor imigrasi di Kabupaten Nias, kami akan memfasilitasi sehingga dalam waktu dekat dapat terealisasi,” kata Ajub menjawab permohonan Pemerintah Kabupaten Nias yang disampaikan Bupati Nias Sökhi’atulö Laoli, Senin, (18/5/2015), di aula Kantor Bupati Nias, Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamölö, Gunungsitoli Selatan.

Menurut Ajub, pemahaman masyarakat selama ini tentang hukum dan HAM masih minim. Padahal, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM memiliki peran untuk menjamin kepentingan masyarakat yang tertindas dan menjamin adanya perlindungan hukum sehingga hak-hak masyarakat tidak terabaikan.

“Kementerian Hukum dan HAM memiliki visi dan misi, yaitu menjamin masyarakat memperoleh kepastian hukum dan hak asasi manusia terlindungi. Karena itu, diharapkan Pemerintah Kabupaten Nias peduli atas hak hidup, peduli akan hak atas kesejahteraan, peduli hak untuk mendapatkan pendidikan, peduli akan hak memperoleh rasa aman, serat peduli hak perempuan,” ujarnya.

Selain mengusulkan pembangunan kantor imigrasi, Sökhi’atulö juga meminta pengembangan gedung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsitoli. “Perlindungan hukum dan hak asasi manusia merupakan bagian dari tugas Pemerintah Kabupaten Nias untuk itu mohon pengembangan Lapas Gunungsitoli juga bisa segera direalisasikan oleh pusat atau wilayah Kemenkum HAM Sumatera Utara,” ujarnya.

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Nias Yaredi Laoli, Kapolres Nias, Dandim 0213 Nias, para SKPD, dan undangan lainnya. [TEM]

Related posts