Nias Utara Terima 40 Persen Dana Desa

LOTU, NBC – Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara telah menerima dana desa sebesar Rp 12,8 miliar dari total 32,28 miliar atau 40 persen pada April 2015 melalui rekening Bendahara Umum Daerah Kabupaten Nias Utara. Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Nias Utara masih menunggu penyelenggaran tingkat desa untuk menyerahkan proposal penggunaan dana dimaksud.

Hal ini dikatakan Kepala BPM Kabupaten Nias Utara Fo’arota Gea melalui telephone selulernya Kamis (7/5/2015) disela-sela pelatihan pengurus desa di Lotu.

“Tanggal pastinya saya kurang tau, tapi dari informasi dari kementrian telah mentranfer dana desa ke rekening BUD sebesar Rp 12,8 miliar antara minggu ketiga dan keempat April 2015,” kata Fo’arota. (Baca: Rp 32,2 Miliar Dana Desa Di Kabupaten Nias Utara)

Kata Fo’arota, sambil menunggu pengusulan proposal dari 112 desa dan 1 kelurahan, pihaknya telah melakukan pelatihan Rabu (6/5/2015) untuk semua desa di Kecamatan Lotu, Namohalu Esiwa dan Tugala Oyo. Sedangkan Kamis (7/5/2015) Kecamatan Tuhemberua, Sawo dan Lahewa Timur dan Alasa Tau Muzoi. dan Jumat (8/5/2015) Kecamatan Sitolu Ori, Afulu, Alasa dan Lahewa.

Menurut dia, terkait adanya pemilihan kepala daerah serentak (9/12/2015), belum ada instruksi dari kementrian untuk menangguhkan penggunaan dana dimaksud. Jika beberapa hari ini ada desa yang sudah menyerahkan proposal penggunaan anggaran, BPM segera memverifikasi dan memberikan disposisi ke BUD untuk emntranfer dana tersebut ke rekening desa.

Sejumlah warga yang dijumpai NBC berharap dana desa tersebut, tidak dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk dijadikan sebagai bahan kampanye jelang pemilihan kepla daerah di Kabupaten Nias Utara beberapa bulan ke depan ini.

“Dana inikan dari pusat, jadi jangan sampai menjadi bahan kampanye salah satu calon kepala daerah ke depan” ujar Darman Hulu kepada NBC di sekitar Kantor Bupati Nias Utara. [NDH]

Related posts