KPU Nias Utara Loloskan PPK yang Kurang Umur

Pengumuman KPU Nias Utara tentang penetapan anggota PPK sekabupaten Nias Utara. Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

Pengumuman KPU Nias Utara tentang penetapan anggota PPK sekabupaten Nias Utara | Foto: NBC/Onlyhu Ndraha.

LOTU, NBC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Nias Utara meloloskan Murlis Karunia Nazara (MKN) menjadi anggota PPK meski usianya masih 24 tahun. Padahal, berdasarkan UU 15/2015 tentang Penyelenggaraan Pemilu, setiap anggota PPK saat mendaftar minimal berumur 25 tahun. KPU Nias Utara berjanji akan merevisi pengumuman Nomor: 211/KPU-Kab-680654/V/2015 tentang penetapan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pilkada 2015 yang diterbitkan 14 Mei 2015.

Kurangnya umur Murlis diketahui setelah adanya laporan masyarakat kepada Panwaslu Kabupaten Nias Utara yang diterima Memori Zendrato selaku Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panwaslu Kabupaten Nias Utara, Senin (18/5/2015) dengan nomor penerimaan laporan No. 001/LP/PILKADA/BULAN MEI/TAHUN 2015.

Pelapor, Edikania Zega mengatakan kepada NBC, bukti kuat yang dimiliki berupa data yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara. Dimana MKN lahir (4/7/1991).

“Kami heran juga, kok KPU Nias Utara bisa meloloskan calon anggota PPK yang tidak memenuhi syarat. Hal ini yang aku laporkan keapda Panwaslu,” ujar yang akrab dipanggil Edi sambil memberi salinan fotokopi kepada NBC.

Edi memprediksi, jika perekrutan PPK saja sudah mulai tidak berintegritas. Bagaimana pelaksanaannya ke depan. “Kalau sudah begini cara KPU, bisa saja calon bupati yang tidak dipilih akan menang nantinya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Edi berharap, seluruh elemen masyarakat turut mengawasi proses pekerjaan KPU Nias Utara. Dan bagi personil KPU Nias Utara untuk tidak bermain-main dalam bekerja.

Segera Ditindak

Ketua PKU Nias Utara Ottorius Harefa membenarkan jiwa laporan itu sudah sampai ditangannya. Dan pihaknya masih menelusuri kebenaran laporan itu. Dan jika terbukti yang bersangkutan tidak memenuhi syarat menjadi anggota akan segera ditindak.

“Kalau tidak memenuhi syarat ya diganti,” ujar Ottorius di halaman Kantor KPU Nias Utara di Lotu.

Adanya anggota PPK yang lolos yang diduga tidak memenuhi syarat, menurut Ottorius, hal itu terjadi kurangnya waktu KPU dalam meferivikasi berkas calon PPK. “Waktu memverifikasi hanya 3 hari, sedangkan yang mendaftar sebanyak 400 orang.”

Untuk diketahui, dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Nias Utara KPU Nias Utara menetapkan anggota PPK sebanyak 55 orang dan akan dilantik Jumat (22/5/2015) di gedung Gereja BNKP Lotu. [NDH]

Related posts