PENYELENGGARA PILKADA

KPU Nias Utara Ganti Anggota PPK yang Kurang Umur

Ketua KPU Nias Utara Ottorius Harefa (kiri) saat menyerahkan secara simbolis SK PPK sekabupaten Nias Utara usai pelantikan di gedung Gereja BNKP Lotu, Jumat (22/5/2015). Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

Ketua KPU Nias Utara Ottorius Harefa (kiri) menyerahkan secara simbolis SK PPK se-Kabupaten Nias Utara seusai pelantikan di gedung Gereja BNKP Lotu, Jumat (22/5/2015). | Foto: NBC/Onlyhu Ndraha

LOTU, NBC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Utara akhirnya mengganti anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Lotu yang kurang umur, Murlis Karuniat Nazara, kepada Efroni Harefa. Penggantian itu berdasarkan keputusan KPU Nias Utara tanggal 17 Mei 2015 dengan nomor 225/KPU-Kab-680654/V/2015 tentang perubahan penetapan angggota Panitia Pemilihan Kecamatan Lotu dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara tahun 2015.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Nias Utara Ottorius Harefa kepada NBC di gedung Gereja BNKP Lotu seusai melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Nias Utara, Jumat (22/5/2015).

“Saya tidak hafal nama penggantinya. Kami sudah teliti kembali, makanya kami pleno pada 17 Mei dan sudah diperbaiki. KPU selalu berupaya meneliti kembali walaupun sudah di-SK-kan. Jika terdapat kekeliruan, pasti diperbaiki,” ujar Ottorius. (Baca: KPU Nias Utara Loloskan PPK yang Kurang Umur)

Ottorius menegaskan, KPU akan selalu meneliti berkas setiap anggota PPK dan PPS. Jika ada yang fatal, akan diperbaiki secara administrasi hingga penggantian anggota sesuai tingkatan. “Kalau benar, dibenarkan, dan kalau salah, disalahkan,” ujarnya.

Berdasarkan pengamatan NBC, pada saat pembacaan SK pelantikan PPK se-Kabupaten Nias Utara berdasarkan nomor 07/KPU-Kab/680654/V/2015 oleh pegawai KPU Nias Utara, tidak disebutkan nama Murlis Karuniat Nazara, melainkan Efroni Harefa. [NDH]

Related posts