HUT NIAS BARAT

Kabupaten Nias Barat Peringati HUT Ke-6

Acara pemotongan kue ulang tahun ke-VI Kabupaten Nias Barat yang dilakukan oleh Bupati Nias Barat didampingi tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama di halaman kantor Bupati Kabupaten Nias Barat, Selasa (26/5/2015). | Foto : NBC/Aminudin Hia

Pemotongan kue dalam acara HUT Ke-6 Kabupaten Nias Barat dilakukan oleh Bupati Nias Barat, didampingi tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama, di halaman kantor Bupati Kabupaten Nias Barat, Selasa (26/5/2015). | Foto: NBC/Aminudin Hia

LAHOMI, NBC – Untuk memperingati HUT Ke-6 Kabupaten Nias Barat yang jatuh pada 26 Mei 2015, pemerintah daerah menggelar pesta rakyat yang dilaksanakan tiga hari berturut-turut. Acara pembukaan HUT ditandai dengan pemotongan kue oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Nias Barat di halaman kantor Bupati Kabupaten Nias Barat, Selasa (26/5/2015).

Dalam kata pembukaan, Ketua Umum Panitia Pesta Budaya Rakyat (PBR) Kabupaten Nias Barat 2015 Hermit Hia mengatakan, penyelenggaraan pesta budaya rakyat ini dilakukan untuk mengenang peristiwa pembentukan Kabupaten Nias Barat sebagai daerah otonom baru di Provinsi Sumatera Utara berdasarkan Undang-Undang Nomor 46 Tahun 2008.

Untuk mengenang peristiwa bersejarah tersebut, ujar Hermit, PBR diselenggarakan secara kontinu satu kali dalam dua tahun sesuai bulan dan tanggal berkenaan.

Gubernur Sumatera Utara, yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara Elisa Marbun, dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah provinsi menyambut baik dan mendukung pelaksanaan HUT Kabupaten Nias Barat karena kegiatan seperti ini secara tidak langsung dapat menarik minat investor agar mau melihat secara dekat potensi dan peluang penanaman modal di wilayah Kabupaten Nias Barat, baik pada saat ini maupun masa yang akan datang.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang mendukung program yang telah dicanangkan pemerintah pusat untuk mengembangkan, menjaga, dan melestarikan nilai-nilai budaya di seluruh Nusantara sebagai aset bangsa Indonesia. Dengan kebersamaan, kita bergandeng tangan menyatukan persepsi membangun ekonomi dan memberdayakan masyarakat, dapat berjalan sesuai dengan yang didambakan,” ujar Elisa.

Jika pembangunan tatanan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara dilakukan tanpa kebersamaan semua pihak, lanjutnya, program yang telah dicanangkan, baik di tingkat pusat, provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, maupun di pelosok-pelosok, tidak akan berjalan dengan baik.

“Oleh karena itu, saya menyampaikan kepada kita semua, kiranya saling menjaga kerukunan, kedamaian, tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan status sosial demi melestarikan nilai-nilai budaya bangsa yang kita miliki,” kata Elisa.

Dari pantauan NBC, acara HUT ini dihadiri mantan kepala daerah Kabupaten Nias Barat, Faduhusi Daeli dan Sudirman Waruwu. Hadir pula tokoh masyarakat Nias Barat, Firman Jaya Daeli, Fakhili Gulo, FG Marthin Zebua, Manahati Zebua, serta beberapa bakal calon bupati dan wakil bupati Nias Barat yang berkeinginan ikut berkompetisi pada pilkada Desember 2015. Selain itu, hadir antara lain anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, perwakilan pimpinan Pemkot Gunungsitoli, Pemkab Nias, Pemkab Nias Utara, Pemkab Nias Selatan, Kajari Gunungsitoli, Wakapolres Nias, dan Dandim 0213 Nias. [AMI]