SUARA ALAM

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Pulau Nias

Warga Kota Gunungsitoli berhamburan keluar saat gempa, Jumat (8/5/2015). | Foto: NBC/Onlyhu Ndraha

Warga Kota Gunungsitoli berhamburan keluar saat gempa, Jumat (8/5/2015). | Foto: NBC/Onlyhu Ndraha

JAKARTA, NBC  — Gempa berkekuatan magnitudo 5,7 terjadi baru saja terjadi mengguncang Pulau Nias, Jumat (8/5/2015) pukul 10.12. Guncangan gempa ini membuat warga di Gunungsitoli berhamburan keluar dan berteriak panik.

Menurut situs pemantau gempa EMSC-CSEM, gempa berada di koordinat 1.43 derajat Lintang Utara dan 97.65 Bujur Timur di kedalaman 48 km, 130 kilometer dari Kota Sibolga.

“Gempa di Kota Gunungsitoli,” demikian pesan disampaikan reporter NBC, Onlyhu Ndraha dan Irwanto Hulu, yang berdomisili di Kota Gunungsitoli. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan dan korban jiwa.

Sejumlah orang mengunggah status di Facebook terkait gempa pagi ini. “Gempa Nias!!! Baru aja jam 10.15. Mudah-mudahan gak ada apa-apa ya,” demikian status Agus Hardiyan Mendröfa di FB, sambil mengunggah foto.

Aktivis kemanusiaan Klara Duha juga menyampaikan bahwa gempa cukup kuat ia rasakan. “Barusan ada gempa kuat. Entah di mana pusatnya,” kata Klara Duha yang berdomisili di Laverna, Gunungsitoli.

Pantauan NBC, gempa yang menurut BMKG berkekuatan magnitudo 5,8, itu membuat sejumlah sekolah memulangkan murid-muridnya lebih awal. Sejumlah orangtua terlihat panik menjemput anak mereka lebih awal di sekolah, seperti di TK Cendrawasih, SD RK Mutiara, SD Negeri 2 dan SD Muhammadiyah.

Sementara di Telukdalam, Nias Selatan, gempa juga terasa. Pegawai di Dinas Pendidikan berhamburan keluar kantor. [APS/WAN/NDH/SEI]

Related posts