KEPEGAWAIAN

Dua Komisioner KPU Nias Selatan Dinyatakan Lolos Jadi PNS

Kepala BKD Nias Selatan Siado Zai  | Foto: NBC/Suhertiyanus Dachi

Kepala BKD Nias Selatan Siado Zai | Foto: NBC/Suhertiyanus Dachi

FANAYAMA, NBC — Dua komisioner KPU Kabupaten Nias Selatan, Anwar Telaumbanua dan Sumurni Halawa, termasuk dalam 830 CPNS Kategori II yang lolos menjadi PNS. Kedua komisioner KPU yang lolos PNS tersebut hingga kini belum didapatkan informasi apakah resmi mengundurkan diri atau tidak. Sementara anggota DPRD Nias Selatan dari Fraksi Golkar Dapil III, Dawido Bawamenewi, yang juga dinyatakan lolos sebagai PNS memilih tetap bertahan menjadi anggota DPRD.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Siado Zai mengatakan, dua komisioner KPU Nias Selatan yang lolos PNS telah disurati. Anwar Telaumbanua telah mendapatkan nomor induk pegawai (NIP), sementara NIP Sumurni masih belum diterbitkan.

“Benar ada 2 komisioner KPU lolos CPNS Kategori II. Satu di antaranya telah diterbitkan NIP, yaitu Anwar Telaumbanua, sedangkan Sumurni Halawa belum diterbitkan NIP-nya. Kami sudah menyurati keduanya,” ujar Siado Zai kepada NBC di ruang kerjanya di Jalan Saönigeho Km 5,5, Fanayama, Selasa (26/5/2015).

Disampaikan Siado, setelah pihaknya berkoordinasi, Anwar Telambanua lebih memilih menjadi PNS dibandingkan menjadi komisioner KPU. “Anwar Telambanua telah menyatakan bersedia mengundurkan diri sebagai komisioner KPU Nias Selatan. Untuk itu, Anwar harus membuat surat pengunduran diri dan surat itu harus juga disampaikan kepada kami,” ujar Siado.

Sementara terkait anggota DPRD, Dawido Bawamenewi, menurut Siado, yang bersangkutan lebih memilih menjadi anggota DPRD dan telah membuat surat pernyataan untuk disampaikan ke BKN RI agar NIP-nya dinonaktifkan. “BKD telah berkoordinasi dan menyurati yang besangkutan dan mereka harus memilih,” kata Siado.

Informasi yang diterima NBC,  jumlah CPNS Kategori II yang sudah diterbitkan NIP sebanyak 814 orang dan mereka kini sedang mengikuti pembekalan dan orientasi. Hingga berita ini ditayangkan, NBC masih belum berhasil mengonfirmasikan terkait dua komisioner yang lolos jadi PNS kepada Ketua KPU Nias Selatan. “Maaf, kami ada rapat dulu. Besok saja, ya, kita bicarakan,” kata Alfian Zenius Dachi, Ketua KPU Nias Selatan, kepada NBC, Selasa sore.  [HER]

Related posts