APBD 2015

DPRD: Tahun Ini, APBD Nias Selatan Rp 800 Miliar

TELUKDALAM, NBC — Setelah dilakukan penyesuian atas hasil evaluasi Gubernur Sumatera Utara, DPRD menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Nias Selatan tahun 2015 lebih kurang Rp 800 miliar, termasuk anggaran dana desa. DPRD juga telah menyetujui anggaran Pilkada sebesar Rp 46 miliar dan mencoret beberapa mata anggaran yang tidak pernah dibahas dalam rapat paripurna.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Sidi Adil Harita saat dikonfirmasi NBC melalui telepon seluler, Telukdalam, Jumat (15/5/2015). “APBD Nias Selatan sudah lama ditetapkan oleh DPRD dalam rapat paripurna setelah ditetapkan pemerintah melakukan pengajuan kepada Gubernur Sumatera Utara untuk dilakukan evaluasi. Pembahasan APBD Nias Selatan telah ditetapkan oleh DPRD pada akhir Desember 2014, dan setelah ditetapkan pemerintah dalam hal ini bupati melakukan mengajuan ke Gubernur Provinsi Sumatera Utara untuk dilakukan evaluasi,” ujar Sidi Adil.

Dilanjutkan Sidi Adil, dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh gubernur, DPRD Nias Selatan melakukan penyesuaian dan menetapkan APBD tahun 2015 lebih kurang 2015 termasuk dana desa yang dimasuk dalam struktur APBD. Selain itu, DPRD mencoret beberapa mata anggaran yang tidak pernah dibahas didalam pembahasan APBD seperti pengadaan 1 unit mobil Dinas Kesehatan.

“DPRD telah menetapakan APBD Nias Selatan tahun 2015 lebih kurang Rp 800 miliar termasuk dana desa yang telah dimasukan dalam struktur APBD. Selain itu DPRD telah menyetujui anggaran Pilkada sebesar Rp 46 miliar dan mencoret beberapa mata anggaran yang tidak pernah dibahas didalam pembahasan APBD seperti pengadaan 1 unit mobil dinas kesehatan,” ungkapnya.

Kabupaten Nias Selatan menerima dana desa sebesar Rp 121 miliar dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan desa (Baca: Kabupaten Nias Selatan Terima Rp 121 Miliar Dana Desa)

Sidi menjelaskan, dana Pilkada yang telah disetujui tersebut akan dipergunakan untuk alat peraga, honor PPK, PPS dan KPPS. Ianya pun berharap supaya dana sebesar Rp 46 miliar dapat dipergunakan tepat sasaran.

Menurut Sidi Adil, selama pembahasan APBD Nias Selatan tahun 2015 tidak ada masalah dan telah menjalani tahapan proses penetapan. “Semuanya berjalan dengan baik tanpa ada kendala dan tahapan penetapan APBD Nias Selatan sudah sesuai dengan mekanisme yang perlaku,” tutup Sidi Adil. [HER]

Related posts