KEBIDANAN

Dinkes Kabupaten Nias Buka Pendaftaran Penerimaan Bidan PTT

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Martin Harefa. Foto NBC. Nitema

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Martin Harefa. | Foto: NBC/Nitema

GUNUNGSITOLI, NBC — Dinas Kesehatan Kabupaten Nias telah membuka pendaftaran penerimaan bidan pegawai tidak tetap (PTT) tahun 2015. Pendaftaran dilakukan pada 25 Mei-8 Juni 2015 di kantor Dinkes Kabupaten Nias, Gunungsitoli. Kuota penerimaan bidan PTT di Kabupaten Nias sebanyak 45 orang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Kabupaten Nias Martin Harefa kepada NBC, Kamis (28/5/2015), di ruang kerjanya.

“Pendaftaran penerimaan bidan PTT 2015 di Kabupaten Nias sudah dimulai sejak 25 Mei sampai 8 Juni 2015. Tempat pendaftaran di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Nias di Jalan Kartini 1 No 7, Gunungsitoli,” ujar Martin.

Ia menjelaskan, setelah selesai masa pendaftaran, ujian tertulis akan dilakukan pada 12 Juni 2015. Adapun tes wawancara dan ujian praktik menyusul diberitahukan melalui papan informasi di kantor Dinkes Kabupaten Nias.

“Sebenarnya tenaga bidan PTT banyak dibutuhkan, yang ditempatkan di setiap pos pelayanan kesehatan di tiap kecamatan dan desa. Namun, kuota penerimaan bidan PTT untuk Kabupaten Nias hanya 45 orang,” ujarnya.

Syarat Pelamar

Persyaratan yang harus dipenuhi pelamar adalah menyampaikan lamaran yang ditulis dengan tangan sendiri memakai tinta warna hitam di atas kertas HVS ukuran F4, bermeterai Rp 6.000, rangkap 2 (asli + fotokopi dengan tanda tangan basah), ditujukan kepada Menteri Kesehatan.

Surat lamaran beserta lampiran disusun menjadi dua berkas (asli + fotokopi), kemudian dimasukkan ke satu map dan disusun sesuai dengan urutan:
a. Daftar isian biodata pelamar sebagai bidan PTT tahun 2015 (dibuat sesuai dengan contoh), masing-masing 1 lembar untuk tiap berkas.
b. Surat lamaran (asli + fotokopi dengan tanda tangan basah).
c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai pendidikan bidan yang telah disahkan/dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang, masing-masing 1 lembar untuk tiap berkas. Pelamar wajib menunjukkan ijazah dan transkrip nilai asli pada saat penyerahan berkas lamaran.
d. Surat izin bidan (SIB)/surat tanda registrasi bidan (STRB).
e. Surat pernyataan yang menerangkan:
1. tidak terikat kontrak kerja dengan instansi pemerintah ataupun swasta,
2. tidak mengikuti pendidikan formal (melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi) selama bertugas sebagai bidan PTT,
3. bersedia bertugas di desa penugasan sesuai kriteria, dan lama penugasan sebagaimana ditetapkan dalam keputusan Menteri Kesehatan tentang pengangkatan bidan sebagai PTT,
4. bersedia tidak pindah selama masa penugasan tiga tahun,
5. dalam keadaan sehat dan bersedia tidak hamil pada tahun pertama penugasan.
f. Daftar riwayat hidup (anak lampiran I – c keputusan BKN No 11 Tahun 2002).
g. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.
h. Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 5 lembar dengan latar merah (uniform bidan) dan pada penyerahan berkas, pelamar harus membawa map biasa warna hijau sebanyak 2 buah. [TEM]

Related posts