HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Dinas Pendidikan Nias Barat Adakan Lomba Cepat Tepat

Tim juri sedang menguji siswa yang mengikuti melomba cepat tepat di aula Dinas Pendidkan Kabupaten Nias Barat. | Foto : NBC/Aminudin Hia

Tim juri sedang menguji siswa yang mengikuti lomba cepat tepat di Balai Pertemuan Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat, Kamis (30/4/2015), di Onolimbu. | Foto: NBC/Aminudin Hia

LAHOMI, NBC — Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2015, Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat menyelenggarakan lomba cepat tepat antarsekolah. Peserta lomba terdiri atas tiga siswa dari tingkat SD, SLTP, dan SLTA/sederajat utusan setiap kecamatan. Lomba ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Dinas Pendidikan Nias Barat di Onolimbu, Kamis (30/4/2015).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat Faigizatulo Halawa kepada NBC di ruang kerjanya di Onolimbu.

“Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2015, Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat melakukan lomba cepat tepat antarsiswa utusan setiap kecamatan. Bahan lomba terdiri atas 5 mata pelajaran terpilih, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, dan Sejarah,” tutur Faigizatulo.

Mekanisme pelaksanaan lomba ini, ujar Faigizatulo, setiap unit pelaksana kegiatan dinas pendidikan kecamatan hanya mengutus tiga siswa terbaiknya, mulai dari tingkat SD, SLTP, hingga SLTA/sederajat. Ia menambahkan, siswa yang dinyatakan terbaik melalui penilaian tim juri akan diberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Sementara itu, seorang peserta lomba cepat tepat dari SMP Negeri 2 Lahomi, saat berbincang-bincang dengan NBC, mengatakan sangat senang dengan pelaksanaan lomba seperti ini karena selain bisa mengasah kemampuan, ia juga dapat bertemu dengan siswa dari sekolah lain.

“Saya sangat senang kegiatan-kegiatan lomba seperti ini karena selain belajar di sekolah, di sini bisa menguji dan mengasah kemampuan, belajar percaya diri, dan juga bertemu dengan teman-teman dari sekolah lain. Kami berharap kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat agar program seperti ini terus diselenggarakan,” ujar siswa tersebut.

Berdasarkan pantauan NBC, dalam pelaksanaan lomba cepat tepat tersebut, kompetisi dilakukan dengan cara kuis dan dijawab oleh setiap regu. Regu yang bisa memberikan jawaban tepat diberi nilai 100. Jika satu regu tidak bisa menjawab soal hingga batas waktu yang ditentukan, regu lain diberikan peluang untuk menjawab soal tersebut. [AMI/FIR]

Related posts