Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Rekrut Bidan PTT

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli dr.Bulan Simanungkalit, M.Kes, Rabu (6/5/2015). Foto : Irwanto Hulu

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli dr.Bulan Simanungkalit, M.Kes, Rabu (6/5/2015) | Foto:NBC/ Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC – Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli membuka pendaftaran/perekrutan Bidan PPT di Kota Gunungsitoli tahun anggaran 2015 mulai 18 Mei – 30 Mei 2015. Bidan PTT yang diterima, harus siap menandatangani Pakta Integritas dan siap ditempatkan dimana saja di seluruh desa di Kota Gunungsitoli.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli dr.Bulan Simanungkalit, M.Kes kepada NBC, ketika ditemui di kantor Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Jalan Diponegoro, Desa Fodo, Kota Gunungsitoli, Rabu (6/5/2015).

Menurut Bulan, tujuan perekrutan Bidan PT di Kota Gunungsitoli, untuk meningkatkan aksen pelayanan kepada masyarakat Kota Gunungsitoli, khususnya untuk ibu hamil, bersalin dan nifas (melahirkan). Selain itu, untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kota Gunungsitoli.

Dalam perekrutan, Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli akan membuka pendaftaran secara gratis pada 18 Mei – 30 Mei 2015 di kantor Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, di Jalan Diponegoro, Desa Fodo, Kota Gunungsitoli. Pendaftaran dibuka mulai pukul 09.00 wib hingga pukul 12.00 wib. Usai mendaftar, para pelamar harus mengikuti seleksi adminitrasi pada 1 Juni – 8 Juni 2015, dan seleksi kompetensi yang terdiri dari ujian tertulis, ujian praktek dan ujian wawancara.

Ujian tertulis digelar pada tanggal 20 Juni 2015 di Aula Samaeri, kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota gunungsitoli, dengan ketentuan para peserta ujian wajib menggunakan baju putih atau seragam Bidan dan ujian Praktek digelar pada tanggal 15 Juni – 16 Juni 2015 di Laboratorium Kebidanan Akbid Haga yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Desa Sisarahili Gamo, Kota Gunungsitoli.

Sedangkan ujian wawancara, digelar pada 17 Juni – 18 Juni 2015 di kantor Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli dan pengumuman peserta yang lolos menjadi Bidan PTT diumumkan pada 20 Mei 2015.

Syarat Pelamar

Bedasarkan syarat syarat yang harus dipenuhi para pelamar yang diberikan Kadis Keshatan, diketahui jika para peserta harus berwarga negara Indonesia, tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan suatu tindak pidanan kejahatan.

Peserta tidak berkedudukan sebagai calon pegawai negeri sipil, mempunyai pendidikan sesuai dengan yang dipersyaratkan, bersedia ditempatkan di9 Desa yang ada di Kota Gunungsitoli, sesuai kriteria penugasan selama tiga tahun, sebagaimana ditetapkan dalam keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang pengangkatan Bidan sebagai pegawai tidak tetap (PTT).

Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri memakai tinta warna hitam diatas kertas HVS ukuran F4, bermaterai 6000, rangkap 2 (asli + fotokopi dengan tandatangan basah), ditujukan kepada Menteri Kesehatan.

Surat lamaran beserta lampiran disusun menjadi dua berkas(Asli + Fotocopy), kemudian dimasukkan ke dalam satu map, dan disusun sesuai dengan urutan :

a. Daftar isian Biodata pelamar sebagai Bidan PTT tahun 2015 (dibuat sesuai dengan contoh), masing masing satu lembar untuk
tiap berkas.
b. Surat Lamaran (Asli + Fotocopy dengan tanda tangan basah)
c. Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai pendidikan Bidan yang telah disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, masing
masing 1 lembar untuk tiap berkas. Pelamar wajib menunjukkan ijazah dan transkrip nilai asli pada saat penyerahan berkas
lamaran.
d. Surat Izin Bidan (SIB)/ Surat Tanda Registrasi Bidan (STRB)
e. Surat pernyataan yang menerangkan bahwa :
1. Tidak terikat kontrak kerja dengan instansi pemerintah maupun swasta
2. Tidak mengikuti pendidikan formal (melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi) selama bertugas sebagai Bidan
PTT.
3. Bersedia bertugas di desa penugasan sesuai kriteria, dan lama penugasan sebagaimana ditetapkan dalam keputusan Menteri
Kesehatan tentang pengangkatan Bidan sebagai PTT.
4. Bersedia tidak pindah selama masa penugasan tiga tahun
5. Dalam keadaan sehat, dan bersedia tidak hamil pada tahun pertama penugasan.
f. Daftar riwayat hidup (anak lampiran I – c keputusan BKN no 11 tahun 2002).
g. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.
h. Pasfoto warna ukuran 4 x 6 Cm sebanyak 5 lembar dengan latar merah (pakaian uniform Bidan) dan Pada penyerahan berkas, para
pelamar harus membawa Map biasa warna hijau sebnayak 2 buah. [WAN]

Related posts