PILKADA 2015

Dana Pilkada Kota Gunungsitoli Tahun 2015 Disepakati Rp 13,2 Miliar

Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase sedang menandatangani MoU dengan KPU Kota Gunungsitoli terkait penyerahan dana hibah untuk pelaksanaan Pilkada, Minggu (3/5/2015). Foto : Irwanto Hulu

Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase menandatangani MOU dengan KPU Kota Gunungsitoli terkait penyerahan dana hibah untuk pelaksanaan pilkada, Minggu (3/5/2015). | Foto: Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Dana hibah yang disetujui Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 sebesar Rp 13,2 miliar. Sebelumnya, KPU Kota Gunungsitoli mengajukan dana pelaksanaan pilkada sebesar Rp 13,4 miliar. Wali Kota Gunungsitoli menjamin pencairan dana tersebut lancar.

Jumlah dana hibah tersebut diungkapkan pada acara penandatanganan nota kesepakatan (MOU) dan pakta integritas oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli dan KPU Kota Gunungsitoli yang digelar di ruang kerja Wali Kota Gunungsitoli, di kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Minggu (3/5/2015).

Seusai penandatanganan MOU dan pakta integritas, Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase mengakui jika prestasi KPU Kota Gunungsitoli sudah mendapat penghargaan di tingkat Sumatera Utara ataupun di tingkat nasional. Dia berharap, prestasi tersebut dapat dipertahankan ke depan dengan melaksanakan Pilkada Kota Gunungsitoli pada 9 Desember 2015 dengan baik.

“Dalam pelaksanaan tahapan pilkada, KPU Kota Gunungsitoli harus melalui sejumlah proses yang berbelit-belit. Namun, saya berharap kendala yang akan dihadapi KPU tidak mempersulit ke depan. Saya berjanji, pencairan dana hibah yang telah disetujui Pemkot Gunungsitoli kepada KPU untuk pelaksanaan pilkada tidak akan ada hambatan,” ujar Martinus.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sökhi’atulö Harefa mengatakan, seharusnya penandatanganan MOU dan pakta integritas dilakukan sebelum tahapan pilkada, tetapi akibat suatu hal, Pemkot dan KPU baru bisa melaksanakannya. Hadir dalam penandatanganan itu Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Edison Ziliwu.

“Anggaran yang diajukan KPU Kota Gunungsitoli sebelumnya kepada Pemkot Gunungsitoli telah direvisi dan diperbaiki kembali oleh tim keuangan Pemkot Gunungsitoli. Kami, KPU Kota Gunungsitoli, menghargai revisi tersebut karena semua anggaran yang direvisi telah disepakati sebelumnya dan tujuannya untuk menjauhkan KPU dan Pemkot Gunungsitoli dari konsekuensi hukum,” ujarnya.

KPU Kota Gunungsitoli, kata Sökhi’atulö, akan menggunakan dana hibah dari Pemkot Gunungsitoli sbeesar Rp 13,2 miliar sesuai dengan pos masing masing dan dia yakin bahwa KPU Kota Gunungsitoli dapat mempertanggungjawabkan anggaran tersebut ke depan. Tidak lupa dia meminta dukungan Wali Kota Gunungsitoli dalam pencairan dana karena masa tahapan pilkada sudah dimulai. [WAN]

Related posts