Bupati Nias Barat Buka Tilawatih Qur’an Tingkat Kabupaten

Acara pembukaan Tilawatil ke IV Kabupaten Nias Barat tahun 2015 yang dihadiri Perintah Kabupaten Nias Barat di Balai Pertemuan Desa Sirombu, Kecamatan Sirombu. | Foto : NBC/Aminudin Hia

Acara pembukaan Tilawatih ke IV Kabupaten Nias Barat tahun 2015 yang dihadiri Perintah Kabupaten Nias Barat di Balai Pertemuan Desa Sirombu, Kecamatan Sirombu. | Foto : NBC/Aminudin Hia

LAHOMI, NBC – Bupati Nias Barat membuka pelaksanaan seleksi tilawatih Qur’an ke IV tingkat Kabupaten Nias Barat tahun 2015, Senin (18/5/2015) di Balai Pertemuan Desa Sirombu, Kecamatan Sirombu. Peserta lomba tilawatih Qur’an ini terdiri dari siswa SD, SMP, SMA, Mandrasah Aliyah dan Mandrasah Sanawiyah juga utusan jama’ah dari beberapa masjid serta organisasi/lembaga Islam lainnya.

Ketua panitia lomba Qur’an ke IV tahun 2015 tingkat Kabupaten Nias Barat Amir Sigid Marulafau mengatakan, “Pelaksanaan lomba Quran ini diselenggarakan untuk melatih diri para jama’ah menguasai isi Alqur’an. Selain itu juga, menyaring dan mendapatkan putra-putri daerah Kabupaten Nias Barat untuk dilatih dan dibina sebagai utusan tilawatil Qur’an ke-35 tingkat Provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan di Kisaran Kabupaten Asahan.”

Dijelaskan Amir, jenis lomba tilawatih ke IV ini meliputi lomba cerdas cermat membaca Alqur’an. Peserta lomba terdiri dari utusan tiga lembaga dengan sisi kompetisi berdasarkan regu atau kelompok, masing-masing regu 3 orang. Diperkirakan lomba ini diikuti sebanyak empat regu.

Bupati Nias Barat Andrianus Aroziduhu Gulo mengucapkan terima kasih kepada lembaga pengembangan tilawatih Qur’an Kabupaten Nias Barat dan panitia seleksi tilawatil Qur’an yang telah berperan aktif menyelenggarakan acara ini sesuai apa yang diharapkan.

Dilanjutkan Aroziduhu, pelaksanaan seleksi tilawatih Qur’an bukan hal baru tapi sudah merupakan program nasional yang perlu dipertahankan dan dilestarikan untuk mencari insan yang berpotensi menyalurkan bakat dalam bidang penguasaan lagu dan suara, tajwid juga fashahah serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Para peserta diharapkan dapat menjadi utusan Nias Barat mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Dewan juri diharapakan dapat melaksanakan amanah yang telah diberikan dalam menyeleksi peserta secara profesioanal, jujur dan adil dengan mengesampingkan unsur kekerabatan dalam penilaian,” ujarnya.

Pantauan NBC, pembukaan tilawatil Qur’an ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Zemi Gulo, Asisten I Hamida Lubis Daeli, Asisten II Simesono Hia, serta para Staf Ahli, Kepala SKPD/Kantor dilingkup Kabupaten Nias Barat, Ketua MUI Kabupaten Nias Barat, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sirombu, dan Camat Sirombu Ya’atulo Zalukhu. [AMI/FIR]

Related posts