ANGGARAN PILKADA

Anggaran Pilkada Kabupaten Nias 2015 Sebesar Rp 15,5 Miliar

Suasana usai penandatanganan Mou antara Pemkab Nias dengan KPU Kabupaten Nias tentang anggaran Pilkada 2015. Foto NBC. Nitema Mendrofa.

Suasana seusai penandatanganan MOU antara Pemkab Nias dan KPU Kabupaten Nias tentang anggaran Pilkada Kabupaten Nias 2015, Kamis (7/5/2015), di aula Kantor Bupati Nias, Gunungsitoli Selatan. |Foto: NBC/Nitema Mendrofa

ONONAMŐLŐ, NBC – Dari Rp 19 miliar anggaran yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias untuk biaya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Nias 2015, Pemerintah Kabupaten Nias hanya menyediakan dana Rp 15,5 miliar yang bersumber dari APBD 2015.

Hal itu dikatakan Bupati Nias Sőkhiatulő Laoli kepada NBC, Jumat (8/5/2015). “Pemkab Nias sudah menerima proposal anggaran pelaksanaan Pilkada Kabupaten Nias dari KPU Kabupaten Nias dengan jumlah Rp 19 miliar,” ujar Sőkhiatulő melalui telepon seluler.

Ia mengatakan, meski anggaran daerah terbatas, diharapkan KPU Kabupaten Nias dapat mengelola anggaran yang ada sehingga proses Pilkada Kabupaten Nias dapat berjalan lancar.

“Pemerintah Kabupaten Nias hanya mampu menyediakan anggaran pilkada sebesar Rp 15,5 miliar yang bersumber dari APBD 2015. Dan, sudah dilakukan penandatanganan MOU (nota kesepahaman) antara Pemkab Nias dan KPU Kabupaten Nias, Kamis (7/5/2015), di aula Kantor Bupati Nias, Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamőlő, Gunungsitoli Selatan,” ujar Sőkhiatulő.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulő mengatakan, tahapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Nias sudah sampai pada perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas di setiap desa akan menyusul.

“Dalam pelaksanaan pilkada, ada dua sumber dana, yaitu dari pusat dan daerah. Namun, sampai saat ini anggaran dari pusat belum diketahui ada atau tidak,” ujar Abineri. [TEM]

Related posts