PILKADA

Analisman Zalukhu dan Edward Zega Bakal Calon Bupati Nias Utara

Ketau DPC PDIP Nias Utara Ibelala Waruwu. Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

Ketua DPC PDI-P Nias Utara Ibelala Waruwu. | Foto: NBC/Onlyhu Ndraha

LOTU, NBC – Berdasarkan penelusuran NBC dari beberapa pemimpin partai di Kabupaten Nias Utara, bakal calon bupati periode 2016-2021 pada pemilihan 9 Desember 2015 hanya dua orang, yakni Analisman Zalukhu dari PDI-P, yang memiliki 4 anggota DPRD, dan Edward Zega dari Partai Demokrat, yang memiliki 7 anggota DPRD. Adapun wakil bupatinya ada beberapa opsi.

Hal ini dikatakan Ketua DPC PDI-P Nias Utara Ibelala Waruwu kepada NBC di ruang kerjanya di Lotu, Senin (11/5/2015), mengenai pasangan yang sudah mendaftar di partai.

“Prediksi calon bupati hanya dua incumbent, bupati sekarang dan Analisman Zalukhu,” kata Ibelala.

Untuk di PDI-P, lanjut Ibelala, yang mendaftar sebagai bakal calon bupati hanya Analisman Zalukhu, yang sudah tiga periode menjadi anggota DPRD Sumatera Utara dari PDI-P. Adapun calon wakil bupati yang sudah mendaftar adalah Haogösökhi Hulu, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, dari Partai Gerindra dan Yustinus Hulu, seorang wiraswasta.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua DPC Partai Gerindra Nias Utara Fatizaro Hulu, bahwa yang mendaftar di partai yang dia pimpin hanya satu calon bupati, yakni Analizman, dan calon wakil bupati Haogösökhi.

Menurut Ibelala, keputusan penetapan pasangan Analisman berasal dari DPP PDI-P pada akhir Juni 2015. Setelah penjaringan selesai, kegiatan selanjutnya adalah memverifikasi bakal calon bupati dan bakal calon wakil.

Di tempat terpisah, Kepala Sekretariat DPC Partai Demokrat Eben Berkat Jaya Lase mengatakan, yang mendaftar sebagai bakal calon bupati di partainya hanya Edward Zega selaku Ketua DPC Partai Demokrat yang juga menjabat Bupati Nias Utara.

Adapun bakal calon wakil bupati yang sudah mendaftar ada 7 orang. Bedali Lase dari Partai Hanura, dengan 3 anggota DPRD; M Ingati Nazara dari Partai Golkar, dengan 3 anggota DPRD; Yasozatulo Waruwu, Bendahara DPC Partai Demokrat Nias Utara; Benaso Harefa, pengacara yang berdomisili di Bengkulu; Hiskia Harefa selaku Sekretaris DPC Partai Demokrat Nias Utara yang juga anggota DPRD; Ama’anö Lase, pengusaha di Nias Utara; dan Arosökhi Nazara selaku Ketua DPD Nasdem Nias Utara.

“Penetapan pasangan sebelum pendaftaran di KPU Nias Utara,” kata Eben.

Sementara itu, menurut Ketua KPU Nias Utara Ottorius Harefa, berdasarkan anggota DPRD yang duduk sebanyak 25 orang, dapat dicalonkan 4 pasang bupati-wakil bupati dan 1 pasang calon independen.

“Bisa 5 pasang calon,” ujar Ottorius melalui telepon seluler kepada NBC, beberapa minggu lalu. [NDH]

Related posts