7 Desa di Bawölato Masih Terisolasi

Camat Bawolato Elizama Gea. Foto NBC.Nitema Mendrofa.

Camat Bawölato Elizama Gea. | Foto: NBC/Nitema Mendrofa.

BAWÖLATO, NBC – Dari 25 desa di Kecamatan Bawölato, Kabupaten Nias, terdapat 7 desa lagi yang sampai sekarang belum dilalui kendaraan roda dua dan empat. Diharapkan kepada Pemkab Nias agar memperhatikan kondisi desa tersebut dengan membangun infrastruktur jalan.

Hal itu disampaikan Camat Bawölato Elizama Gea kepada NBC, Selasa (26/5/2015), di kantornya, Jalan Arah Nias Selatan, Desa Sisarahili Bawόlato.

“Ada 7 desa yang sampai sekarang belum ada pembangunan jalan yang dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, yaitu Desa Hilihao Cugala, Orahua Faondratö, Hou, Sifaoro Asi, Si’öfa Ewali Selatan, Banua Sibohou, dan Desa Balale Toba’a,” ujarnya.

Elizama menyampaikan, akibat belum ada pembangunan infrastruktur jalan, masyarakat di 7 desa tersebut termasuk terisolasi. Selain itu, pada malam hari, kata Elizama, ke-7 desa tersebut gelap gulita karena belum dialiri arus listrik.

“Usul pembangunan sudah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Nias melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). Namun, sampai saat ini belum terealisasi, diharapkan kepada Pemkab Nias melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar memperhatikan pembangunan di setiap desa tersebut,” kata Elizama. [TEM]