266 Peserta Seleksi Calon Anggota Polri dari Polres Nias

Kapolres Nias menandatangani Pakta Integritas pada acara pelepasan calon anggota Polri dari Polres Nias untuk mengikuti seleksi di Poldasu, Senin (4/5/2015) |Foto: NBC/ Irwanto Hulu

Kapolres Nias menandatangani Pakta Integritas pada acara pelepasan calon anggota Polri dari Polres Nias untuk mengikuti seleksi di Poldasu, Senin (4/5/2015) |Foto: NBC/ Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Kapolres Nias AKBP.Yofie Girianto Putro melepas keberangkatan 266 orang peserta seleksi calon anggota Polri dari Polres Nias untuk mengikuti tes penerimaan anggota Polri di Polda Sumatera Utara. Pelepasan ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas antara Kapolres Nias dengan panitia seleksi penerimaan, perwakilan lembaga swadaya masyarakat dan calon anggota Polri yang digelar di lapangan Mapolres Nias, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Senin (4/5/2015).

Sebelum penandatanganan Pakta Integritas, Kapolres Nias dalam arahannya mengatakan, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Eko Hadi Sutedjo mengucapkan terima kasih kepada peserta seleksi dan orang tua yang telah suka rela mendaftarakan diri menjadi anggota Polri.

Kapolda berharap, peserta yang lulus seleksi calon taruna Akpol, calon Brigadir dan calon ajun Brigadir kelak dapat mengabdikan diri kepada negara. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh panitia pembantu penerimaan, pengawas internal dan eksternal serta para peserta yang mengikuti seleksi.

Kapolres Nias memberitahu, berdasarkan DIPA anggaran tahun 2015, yang diterima Polda Sumut adalah 15 orang calon Taruna Akpol, 510 calon Brigadir, di antaranya 426 orang Polisi Laki Laki (Polki), 84 orang Polisi Wanita (Polwan) dan 90 orang Brigadir Ajun atau Tantama.

Sedangkan yang lulus verifikasi awal di polres Nias, dan akan berangkat ke Polda Sumut untuk mengikuti tes selanjutnya, ada sebanyak 226 orang. Diantaranya 6 orang calon Taruna Akpol, 219 orang calon Brigadir Polki, 17 orang calon Brigadir Polwan dan 24 orang calon Tantama.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun NBC, verifikasi awal penerimaan calon anggota Polri yang digelar di Polres Nias telah berlangsung sejak tanggal 14 April – 2 Mei 2015. Dari 1.400 peserta yang melakukan pendataan/menyerahkan data di Mapolres Nias, hanya sebanyak 308 orang yang mengikuti seleksi.

Setelah dilakukan seleksi, dari 308 orang, sebanyak 266 orang dinyatakan lulus seleksi, dan diberangkatkan ke Poldasu untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Ke 266 orang calon anggota Polri dari Polres Nias, berangkat dengan biaya sendiri, dan sudah harus tiba di Poldasu, Rabu (6/5/2015), pukul 08.00. [WAN]

Related posts