PARIWISATA

Putri Indonesia Anindya Kusuma Kunjungi Bawömataluo

TELUKDALAM, NBC Putri Indonesia tahun 2015 Anindyia Kusuma Putri mengunjungi daerah wisata rumah adat Bawömataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan, Senin (27/4/2015). Anindya dan seluruh rombongan didampingi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nias Selatan disambut oleh putri pariwisata Nias Selatan (Ono alawe niha raya) dan masyarakat setempat dengan atraksi budaya Bawömataluo seperti pemberian sekapur sirih (Fame’e afo), tari perang (Hoho) dan lompat batu (Hombo batu).

Dalam kunjungan perdananya di Nias Selatan, Anindyia mengatakan, budaya Nias Selatan merupakan potensi yang harus dikembangkan dan dipromosikan di tingkat nasional. Ia juga merekomendasikan agar budaya Nias Selatan dapat dirancang untuk desain pakaian Putri Indonesia pada ajang pemilihan Miss Univers di Jakarta.

“Saya senang sekali datang ke sini, saya baru pertama kali datang di sini. Saya bangga melihat budaya di Nias Selatan yang memiliki ciri khas yang tidak bisa ditemui di daerah lain. Budaya ini merupakan potensi yang harus dikembangkan. Saya akan promosikan budaya ini ke tingkat nasional. Saya akan meminta desainer agar budaya Nias Selatan dirancang untuk motif pakaian putri Indonesia pada ajang pemilihan nantinya,” ujar Anindya.

Kepala Bidang Pariwisata Nias Selatan Eva Chris Susanti Duha mengatakan, akan terus mempromosikan budaya dan daerah wisata Nias Selatan yang masih belum dikenal di tingkat nasional dan internasional. Selain itu, juga akan membenahi daerah-daerah wisata guna menarik perhatian wisatawana nasional dan asing.

“Masih banyak budaya dan daerah wisata di Nias Selatan yang sampai saat ini belum muncul dan dikenal. Kami akan terus mempromosikannya baik di tingkat nasional maupun internasional. Kami akan membenahi tempat-tempat wisata guna menarik perhatian wisatawan,” ujar Eva. [SEI]

Related posts