PT ISIS Megah Akan Bangun PLTU di Kabupaten Nias

ONONAMŐLŐ, NBC – Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kabupaten Nias akan dibangun oleh PT ISIS Megah dari Jakarta. Pembangunan PLTU tersebut ditandai dengan penandatangan Mou antara Pemkab Nias dengan pimpinan PT ISIS Megah, Rabu (29/4/2015).

Dalam sambutannya Dirut PT ISIS Megah Manon Manugra mengatakan bahwa berdasarkan permintaan Pemerintah Kabupaten Nias yang disampaikan Bupati Nias Sökhiatulö Laoli untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga uap di wilayah Kabupaten Nias.

“PT ISIS Megah bersedia berinvestasi di wilayah Kabupaten Nias untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Namun, untuk memulai pembangunan tersebut PT ISIS Megah akan bekerjasama dengan pihak PT PLN Gunungsitoli untuk melihat lokasi yang strategis,” ujarnya.

Menurut Manon pembangunan pembangkit listrik tenaga uap yang akan dibangun di wilayah Kabupaten Nias akan dimulai pada 2015 ini. Dan diminta dukungan dari berbagai pihak, utamanya masyarakat penghibah lokasi pembangunan PLTU nantinya.

Penandatangan Mou antara Pemerintah Kabupaten Nias dengan pihak PT ISIS Megah, Rabu (29/4/2015) di aula kantor Bupati Nias, Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamόlό, Kecamatan Gunungsitoli Selatan.

Pada kesempatan itu Bupati Nias Sökhiatulö Laoli mengatakan upaya Pemerintah Kabupaten Nias agar masyarakat secara menyeluruh dapat menikmati penerangan listrik. Dan diucapkan terima kasih kepada PT ISIS Megah atas kesediaannya membangun PLTU di kabupaten Nias.

“Salah satu faktor penghambat investasi di Kepulauan Nias selama ini, adalah keterbatasan energi listrik. Kondisi kapasitas energi listrik yang disuplai oleh PLN masih belum mencukupi kebutuhan domestik. Hal ini terlihat dari rasio elektrifikasi baru mencapai 50 persen yang berarti masih 50 persen lagi masyarakat di Kepulauan Nias belum menikmati listrik,” ujarnya.

Menurut Sόkhiatulό kebutuhan akan energi listrik untuk domestik, sarana unum dan komersial akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan penduduk, pertumbuhan ekonomi, industri dan investasi lainnya. Oleh karena itu, investasi pada bidang energi sangat dibutuhkan dan cukup menjanjikan di daerah ini.

“Berdasarkan analisis kebutuhan energi listrik khususnya di wilayah Kabupaten Nias pada 2034 mencapai 60.809 KVA,” ungkapnya. [TEM]

Related posts