Pilkada, KPU Nias Barat Buka Pendaftaran PPK dan PPS

LAHOMI, NBC — Menjelang Pemilihan Kepala Daerah pada Desember 2015, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Barat membuka pendaftaran perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Barat. Waktu pendaftaran dibuka 20 April sampai 26 April 2015. Bagi yang berminat segera mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan sesuai peraturan KPU.

Demikian disampaikan anggota KPU Nias Barat Efori Zalukhu kepada NBC, Senin (20/5/2015), di ruang kerjanya di Onolimbu. Efori mangatakan, perekrutan ini dilakukan sesuai tahapan waktu pembentukan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat masa bakti 2016-2021. PPK yang direkrut akan bertugas di tingkat kecamatan dan PPS bertugas di Desa.

Terhadap calon PPK yang telah mendaftarkan diri, Efori mengatakan akan diseleksi oleh KPU Nias Barat melalui ujian tertulis dan tes wawancara. Hal itu dilakukan untuk memilih orang yang tepat, yang mempunyai kemampuan untuk pekerjaan ini.

Sedangkan bagi PPS hanya seleksi administrasi dengan mempertimbangkan segala masukan/tanggapan dari masyarakat, “Untuk perengkrutan PPS dan KPPS tidak sama dengan cara perengkrutan PPK, sebab perengkrutan PPS dan KPPS berdasarkan usulan kepala desa. Tetapi persyaratan serta ketentuan sama dengan yang mendaftar PPK sehingga diharapkan setiap desa, kepala desa mengusulkan calon minimal 6 (enam) orang,” ujarnya.

Ditegaskan anggota KPU Nias Barat bidang divisi, logistik dan anggaran ini bahwa penyeleksian PPK ini dipastikan tidak ada kecurangan serta intervensi dari pihak manapun. “Kita komitmen, KPU Nias Barat dalam pelaksanaan Pilkada independen, jujur, adil, dan bersih.”

Syarat Pendaftaran

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Panitia Pemilihan Kecamatan, syarat-syarat yang harus dilengkapi pendaftar, antara lain: (1) Pelamar berkewarganegara Indonesia; (2) Berusia paling rendah 25 tahun; (3) Setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945; (4) Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil; (5) Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 (lima) tahun tidak menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan; (6) Berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS dan KPPS; (7) Mampu secara jasmani dan rohani.

(7) Berpendidikan paling rendah SMA/Sederajat; (8) Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih; (9) Tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota dan DKPP; (10) Belum pernah menjabat 2 (dua) kali sebagai anggota PPK, PPS, dan KPPS.

Syarat administrasi, antara lain: Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku; Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang; Surat pernyataan yang bersangkutan bermeterai cukup dan ditandatangani; Surat keterangan kesehatan dari puskesmas atau rumah sakit setempat, dan Pasfoto warna terbarupukuran 3×4 cm sebanyak 2 lembar.

Berkas kelengkapan syarat pendaftaran dibuat rangkap 2 (dua) yakni 1 (satu) rangkap asli dan 1 (satu) rangkap fotokopi masing-masing menggunakan map bertulang transparan serta disusun sesuai dengan urutan sesuai syarat pendaftaran di atas dan disampaikan ke bagian program dan data KPU Kabupaten Nias Barat, Jalan Onolimbu – Lahomi Kabupaten Nias Barat, pukul 08.00-16.00. [AMI]

Related posts