Pengurusan Kartu Kuning di Dinas Sosial Nias Barat Gratis

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Nias Barat. | Foto : NBC/Aminudin Hia

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Nias Barat Yosefo Laia | Foto : NBC/Aminudin Hia

LAHOMI, NBC – Pengurusan kartu kuning dan surat keterangan kurang mampu di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Nias Barat tidak dipungut biaya. Masyarakat ditegaskan tidak membayar apapun sebagai biaya administrasi. Namun, agar proses pengurusannya berjalan lancar, dihimbau untuk melengkapi seluruh persyaratan dan data-data pribadi yang diperlukan.

Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Nias Barat Yosefo Laia, kepada NBC, beberapa waktu lalu, di ruang kerjanya di Onolimbu. “Untuk menangkis rumor yang beredar di masyarakat bahwa dalam mengurusan kartu kuning dan surat keterangan kurang mampu di Dinas Sosial kadang-kadang dipersulit atau diperlambat oleh pengawai yang tujuannya untuk meminta biaya administrasi, isu-isu itu saya nyatakan tidak benar,” jelas Laia.

Dijelaskan Laia bahwa pengurusan kartu kuning dan surat tidak keterangan tidak mampu tidak memungut biaya administrasi apapun. Karena semua biayanya telah ditampung dalam mata anggaran Dinas Sosial tahun anggaran 2015. Karena itu, jika ada oknum yang yang meminta biaya diharapkan tidak segan-segan melaporkannya.

“Dari laporan itu nantinya sebagai bahan kami untuk menindaklanjutinya,” ujarnya.

Adapun beberapa data-data yang harus dipersiapkan warga dalam mengurus kartu kuning ini antara lain: fotokopi ijazah terakhir mulai dari tingkat pendidikan paling rendah sampai pendidikan paling tinggi masing-masing 1 lembar; fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) sebanyak 1 lembar; paspoto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar; mengisi formulir yang telah disediakan, dan 1 lembar map.

Kemudian, syarat pengurusan surat keterangan kurang mampu yakni: surat keterangan dari kepala desa yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar warga kurang mampu sebanyak 1 lembar, dan fotokopi kartu keluarga (KK) sebanyak 1 lembar. [AMI]

Related posts