PENANGANAN SAMPAH

Pengadaan Lahan TPA, SKPD Nias Utara Saling Tuding

Bak sampah yang dibangun Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Nias Utara tahun 2014 yang lalu di depan Kantor Bupati Nias Utara, Kantor Satpol PP, Kabag Hukum, Kabag Humas, Organisasi, Perpustakaan, Perizinan, Dukcapil, Tapem tidak pernah difungsikan oleh pegawai. Malah sampai di buang di belakang kantor. Kini bak tersebut mulai diselimuti semak. Kamis (2/4/2015). Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

Bak sampah yang dibangun Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Nias Utara pada 2014, antara lain, di depan Kantor Bupati Nias Utara tidak pernah dimanfaatkan oleh pegawainya. Sampah justru dibuang di belakang kantor. Kini bak tersebut mulai tertutupi semak, Kamis (2/4/2015). | Foto: NBC/Onlyhu Ndraha

LOTU, NBC — Niat Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk mengadakan lahan tempat pengelolaan akhir (TPA) sampah hingga kini belum terlihat. Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang terkait malah saling menuding soal pengadaan lahan TPA itu.

Berdasarkan penelusuran NBC, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Nias Utara Kharisma Zega mengatakan, pihaknya hanya bertanggung jawab atas pembuatan peraturan daerah terkait retribusi sampah, sedangkan pengadaan tanah merupakan tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum (PU) Nias Utara.

Hal itu dikatakan Kharisma pada Senin (30/3/2015) di sekitar aula DPRD Nias Utara di Lotu, seusai mengikuti rapat paripurna penyampaian nota pengantar LKPJ Bupati Nias Utara tahun 2014. (Baca: Nias Utara Tidak Miliki TPA, Pegawai Buang Sampah Sembarangan)

Ia menambahkan, Pemerintah Nias Utara tengah berencana mengadakan lahan TPA di Lahewa Timur dan perda untuk itu akan dirancang.

Program Pengadaan Lahan TPA Tak Termuat

Ketika NBC menanyakan hal itu ke Dinas PU, Sekretaris Dinas PU Nias Utara Yulius Zai, di ruang kerjanya, di Lotu, Kamis (2/4/2015), membantah bahwa instansinya yang bertanggung jawab atas pengadaan lahan TPA di Nias Utara. Berdasarkan pagu dana APBD 2015 dan hasil musyawarah rencana pembangunan daerah tahun 2016 yang dilaksanakan beberapa minggu lalu, tidak termuat program pengadaan lahan TPA.

Namun, setelah NBC menyampaikan kepada Yulius bahwa berdasarkan konfirmasi dengan Kepala Kantor Lingkungan Hidup, hal itu merupakan tanggung jawab Dinas PU, dia mengatakan, pengadaan lahan itu tanggung jawab Dinas Tata Pemerintahan (Tapem) Kabupaten Nias Utara. “Untuk program 2015 dan 2016 mendatang tidak ada pengadaan lahan TPA. Silakan jumpai Tapem, ya,” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Kantor Tapem Nias Utara Maranata Harefa membantah bahwa pengadaan lahan merupakan urusan kantornya. Seharusnya pengadaan lahan TPA merupakan tanggung jawab kedua dinas tersebut.

“Tugas kami, setelah adanya lahan yang disediakan SKPD, baru kami yang melakukan pengukuran, peninjauan, hingga sertifikat tanah. Lihat di luar kantor, ada banyak patok tanah yang sudah kami sediakan. Itu kerja kami, mematok yang sudah dihibahkan,” katanya kepada NBC. [NDH]

Related posts