BATU AKIK NIAS

Pemkab Nias Rencanakan Susun Perda Batu Akik

Kepala Dinas Perindag Kabupaten Nias Ingati Hura. Foto NBC. Nitema Mendrofa.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nias Ingati Hura. | Foto: NBC/Nitema Mendrofa

GUNUNGSITOLI, NBC — Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan merencanakan menyusun peraturan daerah (perda) tentang batu akik. Perajin batu akik yang tergabung dalam kelompok perajin telah menerima bantuan berupa mesin pengasah batu akik, alat pemotong batu, dan lainnya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nias Ingati Hura kepada NBC, Kamis (16/4/2015), di ruang kerjanya.

“Agar batu akik Nias, juga lokasi sumber batu akik, dapat dipelihara dan memiliki nilai jual, Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Perindag akan menyusun peraturan daerah. Penyusunan peraturan daerah tersebut dipastikan pada 2016 sudah selesai,” ujarnya.

Saat ini, kata Ingati, batu akik Nias merupakan produk unggulan di Kabupaten Nias. Dengan adanya batu akik, menurut dia, penghasilan masyarakat akan meningkat sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Selain itu, petani karet juga tidak mendapat kesulitan pada musim hujan karena bisa terus bekerja mencari, membuat, dan menjual batu akik di pasar.

“Ada 12 kelompok perajin batu akik yang sudah mendapat bantuan alat atau mesin pengasah batu akik, juga alat memotong batu dan alat melubangi batu untuk liontin. Para perajin tersebut juga telah mengikuti pelatihan tentang cara membuat batu akik yang baik,” kata Ingati.

Lokasi sumber batu akik di Kabupaten Nias adalah Sungai Muzõi, sungai di Ulu Gawo, sungai di Idanõ Gawo, Bawõlato, dan Gidõ. [TEM]

Related posts