OBYEK WISATA

Menteri Pariwisata: Nias Selatan Harus Punya Bandara Sendiri

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya beserta rombongan yang didamping oleh Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi sedang menyaksikan atraksi lompat batu di Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya beserta rombongan yang didampingi oleh Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi menyaksikan atraksi lompat batu di Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Sabtu (28/3/2015). | Foto: Suhertiyanus Dakhi

FANAYAMA, NBC —  Untuk mengembangkan sektor pariwisata, Kabupaten Nias Selatan sudah seharusnya mempunyai bandara sendiri. Kementerian Pariwisata berjanji akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan guna mempercepat pengadaan bandara ini.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat berkunjung bersama rombongan ke Desa Bawömataluo, Kecamatan Fanayama, Sabtu (28/3/2015).

“Nias Selatan kan mempunyai obyek wisata yang berpotensi besar menyumbangkan pendapatan daerah. Jadi, untuk mengembangkannya, Nias Selatan harus mempunyai bandara sendiri mengingat jarak antara Telukdalam dan Gunungsitoli cukup jauh dan sangat lama di perjalanan,” kata Arief saat diwawancarai oleh sejumlah wartawan.

Guna mewujudkan rencana itu, kata Arief, Kementerian Pariwisata akan mengusulkannya kepada pemerintah pusat supaya bandara Nias Selatan dapat segera dibangun. Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan bersama masyarakat dapat bekerja sama dalam mengembangkan potensi wisata yamg dimiliki.

“Kami akan mengusulkan kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan supaya bandara di Nias Selatan dapat cepat terselesaikan sehingga para wisatawan yang datang dari luar Pulau Nias tidak lagi merasa kelelahan dalam perjalanan,” tuturnya

Ditambahkan Arief, sedikitnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Nias, khususnya Nias Selatan, karena kekurangan sarana transportasi. “Kita berharap supaya hal ini dapat segera teratasi”

Pengamatan NBC, Arief Yahya disambut oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, tokoh dan warga masyarakat Desa Bawömataluo dengan tarian perang dan atraksi lompat batu.

Untuk diketahui, Pemkab Nias Selatan pernah mencanangkan pembangunan bandar udara di kawasan Silambo. Namun, hingga kini rencana pembangunan itu tidak terealisasi. [HER]

 

Related posts