DANA SERTIFIKASI GURU

Mantan Bendahara Dinas Pendidikan Diperiksa Kejari Telukdalam

TELUKDALAM, NBC — Diduga melakukan pemotongan dana sertifikasi guru tahun anggaran 2013 dan 2014, mantan Bendahara Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan Maranatha Dachi diperiksa penyidik Kejaksaan Negeri Telukdalam dengan status sebagai saksi. Hal ini disampaikan oleh Kepada seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Ardiansyah di ruang kerjanya di Jalan Diponegoro, Kelurahan Telukdalam, Kamis (16/4/2015).

“Tadi pagi dia datang untuk diperiksa masih sebagai saksi atas dugaan pemotongan dana sertifikasi guru pada 2013 dan 2014. Hari ini pemeriksaan yang kedua kalinya dan belum diketahui berapa pemotongan yang dilakukan kepada setiap guru yang menerima dana sertifikasi,” ungkap Ardiansyah.

Menurut Ardiansyah, apabila nantinya terbukti dilakukan pemotongan terhadap guru yang menerima dana sertifikasi, tidak tertutup kemungkian Maranatha ditetapkan sebagai tersangka. “Bila terbukti, penyidik akan menetapkan Maranatha sebai tersangka. Untuk sementara penyidik masih melakukan pemeriksaan dengan saksi-saksi. Saksi yang sudah diperiksa ada dari Dinas Pendidikan dan guru yang menerima dana sertifikasi,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun NBC, dugaan pemotongan dana sertifikasi dilakukan secara bervariasi mulai dari Rp 7 juta sampai dengan Rp 10 juta tanpa ada alasan. Hingga berita ini ditayangkan NBC belum berhasil menemui Maranatha Dachi untuk konfirmasi. [HER]