PERTANIAN

Korem 023/KS Lakukan Panen Padi Bersama Pemkab Nias Barat

Korem 023/KS Kolonel Inf Fachri didampingin Bupati Nias Barat

Komandan Korem 023/KS Kolonel Inf Fachri didampingi Bupati Nias Barat dalam acara panen padi di Desa Iraonogambo, Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat, Rabu (15/4/2015).

MANDREHE, NBC – Komandan Resor Militer 023 Kawal Samudra Kolonel Inf Fachri melakukan panen padi bersama Pemerintah Kabupaten Nias Barat di sawah warga Desa Iraonogambo, Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat, Rabu (15/4/2015).

Berdasarkan pantauan NBC, pada kegiatan panen padi bersama itu, Danrem 023/KS Kolonel Inf Fachri beserta jajarannya, Kasiter Korem 023/KS Letkol Inf JW Situmorang, Pasi Intel Korem 023/KS Mayor Inf Y Purba, Kapenrem 023/KS Mayor Inf Idham K, dan rombongan. Rombongan ini didampingi Bupati Nias Barat Aroziduhu Gulo, Wakil Bupati Nias Barat Hermit Hia, Ketua DPRD Nias Barat Nitema Gulo, Sekda Nias Barat Zemi Gulo, Kapolres Nias yang diwakili Kapolsek Sirombu dan Mandrehe, para staf ahli dan asisten, serta pimpinan SKPD/Kantor Kabupaten Nias Barat dan Ketua/Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Barat.

Mengawali sambutannya, Bupati Nias Barat mengucapkan terima kasih kepada Korem 023/KS beserta jajaran yang telah berkunjung melihat potensi-potensi yang ada di Nias Barat, khususnya dalam menjalankan program pemerintah untuk mewujudkan swasembada pangan.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Korem 023/KS Kolonel Inf Fachri beserta seluruh jajarannya yang telah meluangkan waktu menghadiri kegiatan panen padi bersama Pemerintah Kabupaten Nias Barat pada hari ini. Terlebih-lebih, program TNI untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang perekonomian,” ujarnya

Aroziduhu melanjutkan, dengan adanya dukungan serta kerja sama dari berbagai pihak dalam mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Nias Barat, pihaknya yakin Nias Barat tidak termasuk daerah kekurangan bahan pangan lagi, tetapi menjadi daerah penyedia bahan pangan.

“Saya katakan kepada diri saya dan kepada hadirin sekalian, dengan adanya kebersamaan serta dukungan berbagai pihak terhadap pelaksanaan pencapaian swasembada pangan di Kabupaten Nias Barat, pada 2017 saya yakin Nias Barat tercukupi kebutuhan pangan dari hasil panen tanaman pangan sendiri. Selain itu, tercapainya swasembada pangan juga dapat meningkatkan penghasilan dan pendapatan petani,” ungkapnya.

TNI AD Siap Dampingi Petani

Di tempat yang sama,  Fachri dalam sambutannya mengatakan, sesuai instruksi pimpinan, TNI berperan aktif dalam pendampingan petani menjalankan program pemerintah mewujudkan Indonesia swasembada pangan.

“Presiden telah menginstruksikan kepada TNI AD untuk ikut membantu petani supaya program swasembada pangan yang dicanangkan sukses. Untuk itu, TNI siap sedia memberikan penyuluhan tentang pola tanam tanaman padi kepada petani di seluruh Indonesia, termasuk petani di Kabupaten Nias Barat. Pendampingan yang dimaksud misalnya dalam hal persemaian bibit unggul dan lainnya, juga termasuk pengawasan pendistribusian pupuk kepada kelompok tani,” ujarnya.

“Agar masyarakat dapat sejahtera, misalkan dari hasil panen yang semula sedikit, dengan adanya pendampingan dalam bentuk penyuluhan, bisa diperoleh hasil panen yang banyak,” lanjutnya.

Fachri berharap, program yang telah dicanangkan pemerintah pusat ini dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Nias Barat, dan petani mau bekerja sama. Juga diharapkan adanya perhatian pemerintah daerah untuk menunjang kegiatan ini melalui ketersediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. [AMI]

Related posts