DANA DESA

Kabupaten Nias Selatan Terima Rp 121 Miliar Dana Desa

Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi | Foto: NBC/Suhertiyanus Dakhi

Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi | Foto: NBC/Suhertiyanus Dakhi

TELUKDALAM, NBC Sebanyak 461 desa dan 2 kelurahan di Kabupaten Nias Selatan mendapatkan dana desa dari Kementerian Desa sebesar Rp 121 miliar.Masing-masing desa akan memperoleh kurang lebih Rp 260 juta per desa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dipastikan pada April ini telah dicairkan oleh Kementerian Desa melalui rekening daerah.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi saat ditemui NBC di Pendopo, Jalan Pancasila Nomor 1, Kelurahan Telukdalam, Nias Selatan, Kamis (16/4/2015).

“Kabupaten Nias Selatan mendapatkan jatah Rp 121 miliar dana desa berdasakan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN. Dipastikan pada April ini akan dicairkan oleh Kementerian Desa melalui Rekening Daerah,” ungkap Idealisman

Menurut Idealisman, pencairan dana tersebut dilakukan secara bertahap, dan akan dipergunakan untuk pembanguan infrastruktur desa sesuai kebutuhan masyarakat. Setiap desa akan mendapatkan minimal sebesar Rp 260 juta dan dikelola langsung oleh desa penerima.

“Setiap desa mendapatkan lebih kurang Rp 260 juta berdasarkan kriterian desa seperti jumlah penduduk, luas wilayah, letak geografis dan penduduk miskin. Untuk mengelolah dana tersebut dibutuhkan pendamping dan untuk perekrutannya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Untuk pengelolaan dana tersebut nantinya akan dibuat Peraturan Bupati yang berpedoman pada PP Nomor 60 Tahun 2014 dan Perpres Nomor 36 Tahun 2015. Selain itu, setiap desa nantinya diwajibkan membuka rekening sendiri. Sementara untuk mempertanggungjawabkannya, setiap desa harus membuat laporan pertanggungjawaban melalui Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

“Saya berharap dengan adanya dana desa tersebut, infrastruktur desa yang dibutuhkan warga dapat terwujudkan. Selain itu, diharapkan setiap kepala desa dapat mempergunakannya tepat sasaran dan sesuai aturan serta mekanisme yang berlaku,” ujar Idealisman. [HER]

Related posts