PENANGANAN SAMPAH

Jalan Menuju TPA Teluk Belukar Dibangun Pertengahan Juni

Petugas pembawa becak sampah sedang mengumpul dan mengangkut sampah menggunakan becak sampah untuk dibawa ke tempat pengumpulan di jalan Pancasila sebelum dibawa mobil sampah ke TPA Teluk Belukar. Foto : Irwanto Hulu

Petugas mengumpul dan mengangkut sampah menggunakan becak sampah untuk dibawa ke tempat pengumpulan di Jalan Pancasila sebelum dibawa dengan mobil sampah ke TPA Teluk Belukar. | Foto: NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Teluk Belukar, Dusun Hela, Desa Teluk Belukar, Kota Gunungsitoli, akan dibangun pada pertengahan Juni 2015. Kini warga sekitar TPA Teluk Belukar tidak melarang truk sampah milik Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk membuang sampah di TPA Teluk Belukar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim) Kota Gunungsitoli Motani Telaumbanua kepada NBC, di Kantor Dinas Tarukim Kota Gunungsitoli, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Kamis (2/4/2015).

“Permasalahan sampah di Kota Gunungsitoli sudah teratasi dan kini sampah bisa kita buang di TPA Teluk Belukar. Kami sudah sepakat dengan warga, pembangunan jalan dan duiker plat menuju TPA Teluk Belukar akan dilaksanakan paling lama pertengahan Juni,” ungkap Motani.

Kesepakatan dengan warga diputuskan dalam rapat pada Jumat (20/3/2015). Pada rapat tersebut hadir 15 orang tokoh masyarakat Desa Teluk Belukar, sejumlah anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, dan Kepala Dinas Tarukim Kota Gunungsitoli.

Dalam berita NBC sebelumnya, warga sekitar TPA Teluk Belukar melarang mobil sampah untuk masuk dan membuang sampah di TPA Teluk Belukar. Hal itu dilakukan warga sebagai bentuk protes atas janji Pemkot Gunungsitoli yang tak kunjung ditepati. Pemkot Gunungsitoli berjanji membangun jalan dan duiker plat menuju TPA Teluk Belukar pertengahan Maret 2015. Namun, hingga akhir Maret 2015, janji itu tak kunjung ditepati. Warga melakukan protes dengan melarang truk sampah masuk dan membuang sampah di TPA Teluk Belukar.

Akibat penolakan warga itu, penanganan sampah di Kota Gunungsitoli terkendala selama beberapa minggu sehingga sampah di tempat-tempat sampah di Kota Gunungsitoli penuh akibat tak diangkut. [WAN]

Related posts