UJIAN NASIONAL

Hari Pertama Pelaksanaan UN di SMAN 2 Mandrehe Berjalan Baik

Siswa-siswi SMA negeri 2 Mandrehe sedang mengikuti ujian nasional, Senin (13/4/2015). | Foto : NBC/Aminudin Hia

Siswa SMA Negeri 2 Mandrehe, Kabupaten Nias Barat, sedang mengikuti ujian nasional, Senin (13/4/2015). | Foto: NBC/Aminudin Hia

LAHOMI, NBC — Pelaksanaan ujian nasional (UN) di SMA Negeri 2 Mandrehe, Kabupaten Nias Barat, pada hari pertama, Senin (13/4/2015), berjalan dengan baik. Siswa yang mengikuti ujian berjumlah 69 orang, terdiri dari 34 laki-laki dan 35 perempuan.

Sesuai pantauan NBC, pengawasan UN di SMAN 2 Mandrehe dilakukan oleh guru-guru yang berasal dari sekolah lain. Dengan demikian, pelaksanaan UN di sekolah ini terkesan jauh dari kecurangan dan dipastikan sesuai petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan UN 2015.

Kepala SMAN 2 Mandrehe Sosiologi Hia, yang ditemui NBC di ruang kerjanya, di Mandrehe, mengatakan, “Saya sudah menyampaikan kepada semua pihak di SMAN 2 Mandrehe dan juga kepada para pengawas bahwa pelaksanaan UN harus menjalankan juknis sesuai ketentuan yang berlaku. Tidak ada bantuan yang diberikan kepada siswa peserta UN dalam menjawab soal yang ada.”

Ia mengatakan hal itu karena benar-benar ingin melihat kinerja mereka selama ini dalam hal keberhasilan proses belajar-mengajar di sekolah. Ia juga ingin memperlihatkan kepada publik bahwa SMAN 2 Mandrehe mampu bersaing dengan sekolah lain di Kabupaten Nias Barat.

“Tolong teman-teman media dan masyarakat membuktikan, siswa-siswi yang lulus ini nantinya pasti hasil prestasi mereka karena pihak sekolah menginginkan mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ya, pasti siswa-siswi ini tidak kalah saing,” lanjutnya.

Sosiologi berharap, dengan keberhasilan metode yang dilakukan di SMAN 2 Mandrehe ini, kiranya hal itu dapat menjadi contoh bagi sekolah lain. yakni tanpa biaya yang dipungut dari siswa, pihak sekolah pun mampu melaksanakan UN dengan baik. [AMI]

Related posts