OTONOMI DAERAH

DPRD Nias Selatan: Pemkab Lakukan Pelanggaran Administratif

Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita, S.Sos | Foto: NBC/Suhertiyanus Dakhi

Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita. | Foto: NBC/Suhertiyanus Dakhi

TELUKDALAM, NBC — Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Nias Selatan, yaitu Luahagundre Maniamolo, Onolalu, Idanotae, dan Ulu Idanotae, belum terdaftar di Kementerian Dalam Negeri. Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melakukan pelanggaran administratif.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan Sidi Adil Harita saat ditemui NBC di ruang kerjanya di Jalan Saonigeho Km 3,3, Telukdalam, Kamis (23/4/2015).

Sidi Adil mengatakan, ada empat kecamatan yang belum terdaftar di Kemendagri dan baru diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan untuk diterbitkan kode wilayahnya.

“Benar, ada empat kecamatan di Nias Selatan yang belum terdaftar di Kemendagri, yaitu Luahagundre Maniamolo, Onolalu, Idanotae, dan Ulu Idanotae, dan baru diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan atas rekomendasi Gubernur pada Februari 2015,” ujar Sidi Adil.

Menurut dia, pelanggaran yang terjadi hanya berupa pelanggaran administrasi karena selama ini keempat kecamatan tersebut tidak mendapatkan teguran dari kementerian agar tidak melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Terkait pelanggaran yang melawan hukum tidak ada, tapi yang terjadi hanya berupa pelanggaran administrasi. Selama ini juga tidak ada teguran dari Kementerian Dalam Negeri kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan untuk tidak melakukan pelayanan publik,” ujar Sidi Adil. [HER]