DANA DESA

Dana Desa untuk Kota Gunungsitoli Tahun 2015 Rp 27 Miliar

Kepala BPM Kota Gunungsitoli Arham Dusky Hia, Senin (20/4/2015) Foto : Irwanto Hulu

Kepala BPM Kota Gunungsitoli Arham Dusky Hia, Senin (20/4/2015), di Kota Gunungsitoli. | Foto: NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Dana desa yang akan diterima semua desa di Kota Gunungsitoli untuk tahun 2015 sebesar Rp 27.854.226.000. Dana yang telah ditetapkan dalam peraturan menteri keuangan untuk Kota Gunungsitoli saat ini berkisar Rp 7 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Gunungsitoli Arham Dusky Hia kepada NBC, di kantor BPM, PP, KB, dan Pemdes Kota Gunungsitoli, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Senin (20/4/2015).

Menurut Arham, 98 desa di Kota Gunungsitoli akan menerima dana desa. Jumlah dana yang diterima setiap desa itu bervariasi, mulai dari Rp 270 juta hingga Rp 315 juta.

Besaran dana desa yang diterima setiap desa ditentukan berdasarkan jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin penerima kartu penjamin sosial, dan indeks kesulitan wilayah geografis suatu desa.

Sebelum dana disalurkan ke rekening desa, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, yakni tahapan persiapan. Pada tahapan ini, harus disiapkan antara lain regulasi penetapan dana desa setiap desa, pedoman penyusunan peraturan desa, pedoman penyusunan APBDesa, penguatan kelembagaan melalui bimtek dan pelatihan, serta perencanaan pembangunan desa (RPJMDes dan RKPDes).

Tahapan-tahapan tersebut baru bisa dilaksanakan setelah Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) Kota Gunungsitoli 2015 disahkan. Ini disebabkan dana pelaksanaan tahapan belum dianggarkan pada APBD Kota Gunungsitoli 2015 dan baru dianggarkan pada APBD-P Kota Gunungsitoli 2015.

Pencairan Tidak Dapat Dipastikan

Kepala BPM Kota Gunungsitoli belum bisa memastikan, dana desa bisa dicairkan pada tahun 2015 atau tidak. Menurut dia, dana baru bisa dicairkan jika semua tahapan telah selesai dilakukan dan desa telah memiliki APBDes dan peraturan desa sendiri.

Dana desa yang berasal dari APBN penyalurannya langsung melalui rekening APBD Kota Gunungsitoli. Jika telah masuk ke rekening APBD, dana tersebut tidak dapat digunakan untuk program lain kecuali disalurkan ke rekening desa.

“Kami tidak dapat memastikan apakah dana tersebut bisa disalurkan atau tidak tahun ini karena semua tahapan terkait tata cara pengelolaan dana desa belum dilakukan. Kami akan berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan semua tahapannya dan berharap bisa mencairkan dana tersebut tahun ini,” tutur Arham. [WAN]

Related posts