Budaya

Lomba Cipta Himne Gunungsitoli Minim Peserta

Pejabat Pengadaan Sayembara Yusgo Telaumbanua memperlihatkan selebaran sayembara Cipta Himne Kota Gunungsitoli di ruang Bagian Organisasi, Setda Kota Gunungsitoli, Selasa (24/2/2015) Foto: Irwanto Hulu

Pejabat Pengadaan Sayembara Yusgo Telaumbanua memperlihatkan selebaran sayembara Cipta Himne Kota Gunungsitoli di ruang Bagian Organisasi, Setda Kota Gunungsitoli, Selasa (24/2/2015) Foto: Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC-Peserta lomba cipta Himne Kota Gunungsitoli, berhadiah total Rp 20 juta hanya 11 orang. Masa pendaftaran mulai 16 Februari hingga 26 Februari telah ditutup. Namun hingga saat ini belum seorang peserta pun yang menyerahkan dokumen karya sebagaimana disyaratkan panitia lomba.

Lewat layanan pesan singkat Pejabat Pelaksana Sayembara Yusgo Telaumbanua yang dikirim ke NBC, Selasa (10/3/2015), menyebutkan bahwa para peserta adalah O’O Zebua, Yasato Harefa, Yamotuho Telaumbanua, Yasam Telaumbanua, Dermawan Zebua, Manotona Harefa, Grace Daeli, Jansen Telaumbanua, Ghalib Almahdali, Agus B Laia dan Sorayana Zebua.

“Hingga saat ini, para peserta belum ada yang menyerahkan dokumen karya mereka kepada tim juri, padahal batas penyerahan sudah mulai dekat. Kita akan menunggu hingga batas yang telah ditentukan, dan bila belum diserahkan, peserta kita anggap gugur,” ungkap Yusgo.

Jadwal Penyerahan Berkas

Sesuai dokumen sayembara yang dimiliki NBC, pengumuman sayembara/pendaftaran peserta dimulai sejak 16 Februari 2015 – 26 Februari 2015, pemberian penjelasan tanggal 27 Februari 2015, pemasukan dokumen karya para peserta sayembara tanggal 28 Februari 2015 – 13 Maret 2015.

Evaluasi persyaratan adminitrasi dilakukan tanggal 14 maret 2015, Evaluasi persyaratan teknis (penjurian) tanggal 16 Maret 2015 – 20 Maret 2015, berita acara hasil sayembara tanggal 23 Maret 2015, penetapan pemenang tanggal 24 Maret 2015 dan pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 24 Maret 2015.

Sesuai yang tertera pada dokumen sayembara, ketentuan teknis sayembara cipta Himne Kota Gunungsitoli yang ditentukan panitia, karya cipta menggambarkan dan menjiwai logo daerah Kota Gunungsitoli, Himne yang diciptakan dapat menggunakan bahasa daerah Nias atau bahasa Indonesia dan apabila lirik lagu menggunakan bahasa daerah Nias, peserta wajib membuat terjemahannya.

Partitur lagu ditulis tangan atau diketik dalam notasi angka atau balok, dan diserahkan bersama dengan satu buah/keping rekaman lagu tersebut (cd/flash disc berformat MP3), serta diiringi oleh minimal satu jenis instrumen dengan catatan hasil rekaman tidak dinilai, tetapi hanya pembanding.

Melodi lagu hanya untuk satu suara saja, durasi lagu paling lama 2 menit, pencantuman nama pencipta lagu pada lembar partitur sesuai dengan identitas diri.

Penilaian

Aspek yang akan dinilai pada hasil karya para peserta adalah keaslian ide/gagasan sesuai konteks Kota Gunungsitoli, sesuai dengan filosofi logo daerah Kota gunungsitoli dan kualitas estetika (lagu, lirik, pesan, jiwa dan makna).

PPK dan tim juri tidak melaksanakan korespondensi sekaitan pelaksanaan sayembara, keputusan tim juri/tim ahli adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Pencipta Himne yang dinyatakan sebagai pemenang pertama bersedia menandatangani surat perjanjian pengalihan hak cipta kepada pemerintah Kota Gunungsitoli, dengan ketentuan dapat disempurnakan, tanpa menghilangkan nama pencipta atas lagu tersebut.

[WAN]

Related posts