Kepala Desa di Nias Dilatih Menyusun PHD dan APB Desa

Suasana pelatihan Kepala Desa dan Sekretaris Desa di Kabupaten Nias. Foto NBC. Nitema Mendrofa.

Suasana pelatihan penyusunan PHD dan APB Desa di Kabupaten Nias |Foto: NBC/Nitema Mendrofa.

GIDÖ, NBC – Sebanyak 170 peserta yang terdiri dari kepala desa dan sekretaris desa di Kabupaten Nias mengikuti pelatihan penyusunan Produk Hukum Desa (PHD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Desa selama 2 hari Selasa-Rabu (17-18/3/2015) di balai pertemuan Kecamatan Gidö.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Nias Yulianus Zai kepada NBC, Rabu (18/3/2015) mengatakan bahwa pelatihan tersebut merupakan salah satu program kerja Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa pada tahun 2015.

Yulianus menjelaskan bahwa pelatihan kepada para kepala desa dan sekretaris desa berdasarkan UU 6/2014 tentang Desa, PP 60/2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN, Pemendagri 113/2014 tentang Keuangan Desa, dan peraturan lain yang terkait dengan desa.

“Setiap desa diharapkan memiliki Produk Hukum Desa serta mampu menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Maka, Pemerintah Daerah Kabupaten Nias menyelenggarakan pelatihanini untuk meningkatkan pemahaman tugas para kepala desa dan sekretaris desa,” terangnya.

Lanjut Yulianus, dengan adanya pelatihan ini, maka dalam pengelolaan keuangan desa, baik yang bersumber dari dana APBD seperti Dana Pemberdayaan Desa/Kelurahan maupun dana–dana dari APBN, dapat dikelola secara benar dan bermanfaat bagi masyarakat. [TEM]

Related posts