Jelang Pilkada, Disdukcapil Gunungsitoli Mutakhirkan Data Penduduk

Kepala Dinas Kependudukan Kota Gunungsitoli Ya'aro Harefa.Selasa (24/3/2015) Foto: NBC/Irwanto Hulu

Kepala Dinas Kependudukan Kota Gunungsitoli Ya’aro Harefa.Selasa (24/3/2015) Foto: NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar di Kota Gunungsitoli pada Desember 2015, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Gunungsitoli memutakhiran data penduduk hingga akhir Februari 2015 yang berjumlah 150.541 jiwa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Gunungsitoli Ya’aro Harefa kepada NBC ketika ditemui di kantor Disdukcapil Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Selasa (24/3/2015).

“Saat ini kita sedang melakukan pemutakhiran data daftar penduduk potensial pemilih pilkada (DP4), dan daftar agregat kependudukan kecamatan (DAK 2). Data tersebut akan kita serahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) jika diminta,” ungkap Ya’aro.

Waktu penyerahan DP4 dan DAK 2 menurut Kadisdukcapil masih belum dipastikan, karena saat ini, Disdukcapil Kota Gunungsitoli masih menunggu penetapan peraturan KPU dan surat dari KPUD Kota Gunungsitoli.

Tidak Mengurus Akta Kematian

Kendala Disdukcapil dalam pemutakhiran data saat ini yakni masih ada penduduk yang belum melakukan perekaman data meski telah berdominisil di Kota Gunungsitoli.

Dia mengimbau warga yang belum terdata untuk segera mengurus dokumen kependudukannya dan melakukan perekaman data di Kantor Kecamatan domisili atau di Kantor Disdukcapil Kota Gunungsitoli.

Selain itu, kendala lain adalah masih banyak keluarga yang belum mengurus Akta Kematian anggota keluarganya. Sehingga, Disdukcapil tidak dapat menghapus data warga yang telah meninggal dunia dari data penduduk Kota Gunungsitoli yang akan dimasukkan dalam DP4 dan DAK 2.

Dari data yang diberikan Kepala Disdukcapil, jumlah penduduk Kota Gunungsitoli hingga akhir Februari 2015, seluruhnya berjumlah 150.541 jiwa. Warga yang wajib memiliki KTP di Kota Gunungsitoli berjumlah 98.666 jiwa, yang telah melakukan perekaman data berjumlah 72.250 jiwa, dan yang telah memiliki KTP Elektronik (e-KTP) hingga akhir Februari 2015 berjumlah 72.250 jiwa. [WAN]

Related posts