Dana Tambahan Penghasilan

Disdik Nias Utara Bagikan TTP 2014

Pegawai Nias Utara saat mengikuti upacara di halaman Kantor Bupati Nias Utara beberpa bulan yang lalu. Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

Pegawai Nias Utara saat mengikuti upacara di halaman Kantor Bupati Nias Utara beberpa bulan yang lalu. Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

LOTU, NBC – Setelah diberitakan NBC, akhirnya Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara membagikan dana tambahan penghasilan (DTP) 2014 kepada 400 orang guru minggu lalu. Pembagian dana sebesar Rp 3 juta per orang itu sebelumnya sempat dipotong sebesar Rp 750.000,- namun beberapa guru memprotesnya.

“Akhir Februari kami dihubungi bendahara Dinas Pendidikan bahwa DTP telah ditransfer. Setelah saya cek ternyata hanya Rp 2.250.000,” ujar narasumber yang meminta namanya dirahasiakan.

Tidak terima pemotongan tersebut, dia beserta beberapa guru lain menanyakan hal ini kepada pihak Dinas Pendidikan dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Nias Utara. Alhasil awal Maret 2015 kemudian ditransfer Rp 750.000.

“Jadi semua yang aku terima Rp 3.000.000” ujar guru lainnya.

Hal ini dibenarkan Kepala BPKAD Nias Utara Bazatulo Zebua bahwa pembagian uang tersebut sempat terkendala dan beberapa guru menanyakan hal itu kepadanya.

“Setelah adanya surat permintaan dari Dinas Pendidikan Nias Utara untuk mencairkan DTP. Kami segera mengirim ke rekening mereka seluruhnya untuk satu tahun. Tapi, ada beberapa guru menanyakan yang mereka terima hanya Rp 2.250.000. setelah saya konfirmasi dengan Dinas Pendidikan yang ditransfer hanya 9 bulan. Kemudian semua sudah ditransfer,” ujar Bazatulo diruang kerjanya, Rabu (11/3/2015).

Secara terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara mengatakan jumlah penerima DTP tahun 2014 sebanyak 400 orang dengan pagu dana Rp 1,2 miliar. “Sudah saya tandatangani pencairan 3 minggu yang lalu. Penerima sekitar 400 orang lebih,” tambah dia. [NDH]

Related posts