KEAMANAN

TNI dan Polri Latihan Bersama di Gunungsitoli

Latihan bersama TNI dan Polri di Mapolres Nias, Kamis (26/2/2015) Foto : Irwanto Hulu

Latihan bersama TNI dan Polri di Mapolres Nias, Kamis (26/2/2015). | Foto: NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Sebanyak 26 anggota TNI dari Kodim 0213/Nias bersama anggota Polres Nias mengikuti latihan bersama di lapangan Mapolres Nias, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Kamis (26/2/2015).

Kegiatan yang mulai berlangsung pukul 08.30 WIB itu menitikberatkan pada kemampuan menghadapi aksi unjuk rasa.

Kepala Polres Nias Ajun Komisaris Besar Yofie Girianto Putro dalam arahannya seusai latihan bersama mengatakan, latihan itu dilakukan untuk mengantisipasi dan menjaga keamanan Kota Gunungsitoli terkait rencana kedatangan Kepala Polda Sumatera Utara dan Panglima Kodam I/BB ke Pulau Nias.

Tujuan lain adalah keakraban yang semakin erat antara TNI dan Polri di Pulau Nias serta mempersiapkan diri untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Pulau Nias pada Desember mendatang.

Sebelum latihan bersama dimulai, Kepala Staf Satuan Shabara Polres Nias Ajun Komisaris W Sidabutar mengatakan, latihan pengamanan unjuk rasa yang akan digelar bersama TNI dan Polri adalah untuk menanam profesionalisme menghadapi aksi unjuk rasa.

“Latihan ini juga untuk meningkatkan profesionalisme dalam menghadapi unjuk rasa supaya korban jiwa dan jumlah kerusakan yang diakibatkan para pengunjuk rasa bisa lebih sedikit,” ujar W Sidabutar.

Menurut dia, latihan tersebut juga untuk mengajarkan cara menghadapi unjuk rasa sesuai prosedur operasi standar (SOP) di lapangan. Ini dilakukan agar personel yang ikut dalam pengamanan bisa bertanggung jawab terhadap apa yang dilaksanakan sesuai SOP jika ada pihak-pihak tertentu yang kontra terhadap tugas pengamanan yang mereka lakukan.

Latihan bersama menghadapi unjuk rasa, Kamis (26/2/2015) foto : Irwanto Hulu

Latihan bersama menghadapi unjuk rasa, Kamis (26/2/2015). | Foto: NBC/Irwanto Hulu

Sesuai pantauan NBC di Mapolres Nias, personel Kodim 0213/Nias yang ikut dalam latihan bersama ini dipimpin oleh Perwira Seksi Operasional Kodim 0213/Nias Kapten F Waruwu. Adapun personel Polres Nias dipimpin oleh Kepala Bagian Operasional Polres Nias Komisaris Delami S dan Kepala Staf Satuan Shabara Ajun Komisaris W Sidabutar. [WAN]

Related posts