APARAT PEMERINTAHAN

Sejumlah Pejabat Eselon II dan III di Nias Selatan Dimutasi

Para eselon II dan III sedang diambil sumpah, Selasa (2/2/2015). | Foto: NBC/Suhertiyanus Dakhi

Para eselon II dan III sedang diambil sumpah, Selasa (2/2/2015). | Foto: NBC/Suhertiyanus Dakhi

FANAYAMA, NBC – Sejumlah pejabat eselon II dan III Nias Selatan dilantik oleh Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi, Senin (2/2/2015), di Aula Kantor Bupati Nias Selatan Jalan Saönigeho Km 5,5, Fanayama, Nias Selatan. Di antara yang dilantik tersebut ada pejabat yang baru menjabat lebih kurang 25 hari. Menurut Idealisman, pengangkatan dan pemberhentian ini merupakan hal yang biasa dalam pemerintahan.

Pelantikan para pejabat ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan bernomor 032 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

“Saya berharap saudara-saudara yang dilantik hari ini dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam menyejahterakan masyarakat serta dapat memegang kepercayaan dan mampu mempertanggungjawabkan jabatan yang diemban saat ini,” kata Idealisman dalam sambutannya sesaat setelah pelantikan.

Ia mengingatkan kepada para pejabat yang dilantik supaya dapat melaksanakan tugas dan melayani masyarakat dengan baik. “Jabatan bukanlah merupakan segala-galanya, tetapi jabatan merupakan sebuah amanah yang harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Idealisman.

Di antara yang dilantik, Kepala Dinas Dinas Kelautan, Peternakan, Pariwisata, Perindustrian, Perdagangan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Samolala Lase, yang baru menjabat dilantik pada 5 Januari 2015—lebih kurang 25 hari menjabat—dimutasi sebagai Staf Ahli Bupati Nias Selatan Bidang Hukum dan Politik. (Baca: 16 Pejabat Eselon II Dilantik Bupati Nias Selatan)

Kepada wartawan, Samolala menyampaikan kekecewaannya atas pemutasian dirinya yang dilakukan oleh Bupati Nias Selatan tanpa alasan yang jelas. Ia pun menggelar konferensi pers.

Selain itu, Yockie Adi Duha, yang dinyatakan bebas dari kasus Balai Benih Induk (BBI) oleh hakim di Pengadilan Tipikor Medan, dilantik menjadi Kepala Bidang Kekayaan pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, Kekayaan Daerah dan Perizinan. Perlu diketahui, kasus yang melibatkan Yockie ini sedang dalam proses banding ke Mahkamah Agung.

Sejumlah Camat Diganti

Berikut nama eselon II yang dilantik oleh Idealisman. Fo’arota Laoli menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan. Faduhusi Daeli menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Nias Selatan Bidang Ekonomi dan Keuangan (sambil tetap merangkap sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah), Samolala Lase diangkat sebagai Staf Ahli Bupati Nias Selatan Bidang Hukum dan Politik.

Adapun pejabat eselon III yang dilantik adalah Hans Martin Wau diangkat sebagai Camat Luahagundre Maniamölö, Meniati Dakhi diangkat sebagai Camat Maniamölö, Leo Faigimanö Halawa sebagai Camat Huruna, Sökhi’ato Mendröfa sebagai Camat Amandraya, Seti’aro Waruwu sebagai Camat Lölöwa’u, Böröwanolo Ndruru sebagai Camat Gomo, Yanto Gohae sebagai Camat Mazinö.

Selanjutnya Yuniari Bate’e dilantik sebagai Sekretaris Inspektorat, Aluisökhi Telaumbanua sebagai Inspektur Pembantu Wilayah II pada Inspektorat; Soginötö Dakhi sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan, KB, Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; Eduar Saota sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga; Kristovorus Dachi sebagai Sekretaris Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup.

Nifagölösi Dakhi dilantik sebagai Sekretaris Camat Maniamölö; Usaha Sarumaha sebagai Sekretaris Camat Toma; Teori Bali sebagai Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup; Intan Sani Haria sebagai Kepala Bidang Tata Kota pada Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup; Jonius Dakhi sebagai Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga,

Amsarnao Sarumaha dilantik sebagai Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Badan Kependudukan Kesatuan Bangsa, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa; Sekawan Dakhi sebagai Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Kelautan, Peternakan, Pariwisata, Perindustrian, Perdagangan, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi; Satao Amazihönö sebagai Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Pembangunan Fisik pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Tilikadil Harita dilantik sebagai Kepala Bidang Sosial Budaya dan Sumber Daya Pemerintah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah; Yokie Adi Kurniawan Duha sebagai Kepala Bidang Kekayaan pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, Kekayaan Daerah, dan Perizinan; Inti Sari Manaö sebagai Kepala Bidang Pajak dan Restribusi Daerah pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, Kekayaan Daerah dan Perizinan.

Pelantikan yang dipimpin langsung oleh Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi itu dihadiri Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Nias Selatan Faduhusi Daeli, Kapolres Nias Selatan AKBP Robert Da Costa, serta staf ahli dan para pimpinan SKPD di jajaran Pemkab Nias Selatan. [HER]

Related posts