RETRIBUSI DAERAH

Satpol PP Nias Barat Segera Tarik 7 Kendaraan Aset Daerah

Mosili Gulö

Kepala Satpol PP Nias Barat Mosili Gulö. | Foto: NBC

LAHÖMI, NBC — Akibat pembayaran retribusi daerah tidak lancar, Bupati Nias Barat memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Nias Barat untuk segera menarik tujuh kendaraan aset daerah dari warga pemanfaat, yakni 4 kendaraan roda empat dan 3 kendaraan roda dua, yang diberikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nias Barat.

Kepala Satpol PP Nias Barat Mosili Gulö yang dikonfirmasi NBC, Rabu (18/2/2015), di ruang kerjanya di Onolimbu, mengatakan telah menerima surat penugasan dari Bupati untuk melakukan penarikan tujuh kendaraan dari pemanfaat karena pembayaran retribusi tidak lancar. “Saya telah diperintahkan Bapak Bupati Nias Barat untuk melakukan penarikan di lapangan aset daerah berupa tujuh kendaraan, yakni 4 kendaraan roda empat dan 3 kendaraan roda dua, karena pembayaran retribusi daerah tidak lancar,” ujar Mosili.

“Kendaraan aset daerah tersebut diberikan kepada pemanfaat oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nias Barat untuk dimanfaatkan atau dikelola terutama oleh nelayan penggalas ikan. Namun, karena pembayaran retribusi daerah tidak lancar, ya, terpaksa dilakukan penarikan,” lanjutnya.

Para pemanfaat aset daerah berupa empat kendaraan roda empat  yang akan segera ditarik itu adalah Karim Saleh Maru’ao asal Desa Imana, Kecamatan Sirombu, dengan tunggakan retribusi Rp 4,4 juta; Munieli Zebua asal Desa Fadoro Sifulubanua, Kecamatan Mandrehe, dengan tunggakan retribusi Rp 7,2 juta; Fanolo Zai asal Desa Hilimbuasi, Kecamatan Lolofitu Moi, dengan tunggakan retribusi Rp 7,2 juta; dan Mesakhi Lahagu asal Desa Hilimayo, Kecamatan Mandrehe Utara, dengan tunggakan retribusi Rp 7,2 juta.

Adapun pemanfaat tiga kendaraan roda dua adalah Anotona Daeli asal Kecamatan Lahomi dengan tunggakan retribusi Rp 1,6 juta, Kevin Noris M asal Kecamatan Sirombu dengan tunggakan retribusi Rp 1,4 juta, dan Robert M dengan tunggakan retribusi Rp 1,4 juta. [FIR]

Related posts