INSIDEN KEBAKARAN

Puslabfor Poldasu: Kebakaran akibat Korsleting Listrik

Yosafati Waruwu | Foto: Nitema Mendröfa

Yosafati Waruwu | Foto: Nitema Mendröfa

ONONAMÖLÖ, NBC – Hasil pemeriksaan Pusat Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Sumatera Utara, penyebab kebakaran ruang bagian umum Kantor Bupati Nias, Jumat (26/12/2014), adalah akibat api yang muncul karena korsleting kabel listrik. Dokumen  yang terbakar merupakan arsip yang tidak terpakai. (Baca: Ruang Bagian Umum Kantor Bupati Nias Terbakar)

Demikian disampaikan Asisten III Kantor Bupati Nias Yosafati Waruwu yang juga sebagai ketua tim pemeriksanaan arsip yang sudah terbakar kepada NBC, Rabu (18/2/2015) di ruang kerjanya.

“Tim dari Kepolisian Daerah Sumatera Utara bersama Polres Nias sudah melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya kebakaran kantor Bupati Nias bagian umum. Dari hasil pemeriksaan tersebut disebutkan, sumber api berasal dari kabel listrik yang terbakar karena korsleting,” ujarnya.

Yosafati mengatakan, akibat kebakaran itu, aktivitas para pegawai sempat terganggu karena asap masuk di beberapa ruangan. Kendati demikian, tugas dan pekerjaan para pegawai dapat diselesaikan dengan baik. Dan kini kondisi di kantor Bupati Nias sudah stabil seperti biasa. “Surat-surat yang terbakar merupakan arsip yang tidak terpakai lagi. Dan tidak ada dokumen yang sangat penting,” ujarnya.

Sementara itu, kepada NBC, Bupati Nias Sökhi’atulö Laoli mengatakan bahwa akibat kebakaran itu, sejumlah bukti perjalanan dinas dirinya dan wakil bupati pada 2014 dinyatakan ikut terbakar. “Dokumen perjalanan dinas saya dan wakil bupati ikut terbakar dalam insiden kebakaran itu. Nilainya kurang tahu berapa, tetapi yang jelas, uang perjalanan dinas saya lebih banyak daripada bapak wakil bupati, karena saya lebih sering melakukan perjalanan dinas dibanding beliau,” ujarnya kepada NBC, Sabtu (17/1/2015). [TEM]

Related posts