APARATUR PEMERINTAHAN

Permintaan Bupati agar Sekdes PNS Kembali ke Desa Ditolak BKD

PNS di Kabupaten Nias Utara usai mengikuti upacara di halaman Kantor Bupati Nias Utara beberapa bulan yang lalu. Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

PNS di Kabupaten Nias Utara seusai mengikuti upacara di halaman Kantor Bupati Nias Utara beberapa bulan yang lalu. | Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

LOTU, NBC – Bupati Nias Utara Edward Zega sudah dua kali meminta kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) agar sekretaris desa yang sudah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan diperbantukan di beberapa SKPD dikembalikan pada posisi semula sebagai sekretaris desa. Namun, permintaan itu tidak dilaksanakan oleh BKD dengan alasan ada aturan yang membolehkan sekretaris desa yang PNS bisa pindah setelah 6 tahun.

Menurut Kepala BKD Nias Utara Fo’era-era Zega, dua sekdes yang sudah menjadi PNS telah diperbantukan di Dinas Perhubungan dan Dinas Sosial.

“Dari 20 orang, ada yang sudah diperbantukan di dinas. Itu tidak masalah karena berdasarkan aturan, setelah 6 tahun mengabdi sebagai sekdes sejak dilantik menjadi PNS, mereka dapat dipindahtugaskan atau diperbantukan. Yang dua orang itu telah memenuhi syarat minimum,” ujar Fo’era-era di ruang kerjanya, di Lotu, Kamis (6/2/2015), ditemani Sekretaris BKD Mareti Telaumbanua.

Menurut Fo’era-era, walau sudah ada surat Bupati Nias Utara pada 2012 untuk meminta sekdes dikembalikan pada tugas pokok semula, pihaknya tidak melakukan eksekusi karena ada aturan, setelah 6 tahun mereka dapat diperbantukan ke dinas lain untuk mengembangkan karier. “Ada Peraturan Pemerintah Nomor 48 tentang Sekdes PNS bisa diperbantukan ke dinas lain,” kilah Fo’era-era.

Walau sudah diperbantukan di dinas, kata Fo’era-era, sekdes yang bersangkutan tetap melaksanakan tugas pokok di desa. Sementara gaji satu sumber dan tidak memiliki tunjangan, kecuali yang memiliki jabatan.

“Dari 20 sekdes yang sudah menjadi PNS, tidak tertutup kemungkinan ke depan akan dipindahtugaskan ke dinas mengingat tenaga pegawai masih kurang di beberapa dinas,” kata Fo’era-era.

Keluarkan 2 Surat

Bupati Nias Utara Edward Zega sudah dua kali menyurati BKD dan beberapa SKPD agar Sekdes PNS yang sudah diperbantukan dikembalikan di desa untuk menjalankan tugas pokoknya.

Pertama, pada 14 Maret 2011 dengan nomor surat nomor: 140/422/BPM-II/2011 perihal Sekretaris Desa yang Telah Diperbantukan di SKPD. Kedua, pada 16 Januari 2012 surat nomor: 140/70/BPM-II/2012 perihal Sekretaris Desa yang PNS.

Pada surat tersebut Edward menekankan agar mereka dikembalikan pada status semula sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2007 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekretaris Desa menjadi PNS.

Beberapa masyarakat yang dijumpai NBC berharap Bupati Nias Utara harus tegas pada surat yang telah dikeluarkannya dan meminta BKD—bawahannya—mengembalikan semua sekdes yang sudah diperbantukan.

“Mereka itu jadi PNS dan di SK-kan hanya bertugas di desa,” ujar salah seorang warga yang meminta namanya dirahasiakan. Ia juga heran sikap Kepala BKD yang tidak mengindahkan surat dari Bupati selaku atasannya.  [NDH]

Related posts